Jakarta (ANTARA) - Kementerian Komunikasi dan Informatika menilai Keketuan Indonesia untuk ASEAN 2023 menjadi momentum untuk menjawab tantangan kesenjangan digital di kawasan Asia Tenggara.

Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi saat Seminar Konektivitas Digital ASEAN untuk Memperkuat Epicentrum of Growth untuk Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) LXV Tahun 2023 Lemhannas di Jakarta, dalam siaran pers, Selasa, mengatakan sebagai Ketua ASEAN di sektor digital, Indonesia mengusung isu-isu terkini dalam pencapaian Komunitas Digital ASEAN 2040.

"Kami mengangkat isu kesenjangan digital dengan mengedepankan program pemerintah seperti Palapa Ring, dan program pengembangan SDM digital, serta, isu pelindungan data pribadi sesuai dengan Undang-Undang Pelindungan Data Pribadi," kata Menkominfo Budi Arie.

Baca juga: Kementerian ESDM gelar Green Transport Rally dukung Keketuaan ASEAN

Perundingan ASEAN saat ini memberikan perhatian terhadap beberapa Framework Agreements antara lain ASEAN Framework on Personal Data Protection, ASEAN International Mobile Roaming, dan ASEAN Digital Data Governance Framework.

"Kita tidak dapat menutup mata terhadap persoalan kesenjangan digital antar negara ASEAN, seperti kecepatan internet, penggunaan internet, dan produksi teknologi," kata Budi Arie.

Isu-isu digital secara spesifik dibahas dalam beberapa pertemuan yang disiapkan oleh Kemenkominfo seperti, ASEAN TFFN Meeting, ASEAN GSMA Workshop, Digital Economy Supply Chain Workshop, dan ATRC - ADGSOM Meeting yang saat ini sedang berlangsung di Bali.

"Penting bagi kita untuk benar-benar melakukan apa yang dapat dilakukan di seluruh kawasan ASEAN dengan berinvestasi lebih banyak pada infrastruktur digital, ini benar-benar momentum bahwa ekonomi digital dapat menambah kontribusi yang luar biasa bagi pertumbuhan ekonomi di ASEAN,” kata Menteri Budi Arie mengutip apa yang pernah disampaikan oleh Sekretaris Jenderal ASEAN Kao Kim Hourn.

ASEAN telah mencanangkan beberapa program pengembangan talenta digital yang diselenggarakan setiap tahun, seperti ASEAN Cyber-Kids Camp sejak 2009, ASEAN ICT Innovation Award sejak 2011, ASEAN Makers Hackathon sejak 2017, dan ASEAN-Japan Cyber SEA Game sejak 2018.

Baca juga: Menkominfo nyatakan Indonesia optimalkan konektivitas digital ASEAN

Baca juga: Indonesia angkat isu ketahanan pangan pada AFMGM kedua

Baca juga: Keketuaan ASEAN, Indonesia inisiasi adakan AFMGM dua kali

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023