Kendari (ANTARA) - Sembilan srikandi dari 24 bakal calon anggota legislatif (bacaleg) masuk daftar calon sementara (DCS) anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI asal Daerah Pemilihan (Dapil) Provinsi Sulawesi Tenggara.

Laman resmi KPU Provinsi Sultra yang diterima, Rabu, sembilan perempuan itu akan memperebutkan empat kursi DPD pada Pemilu 2024, yakni Almaghfirah (Kota Kendari dengan nomor urut 3), Amnaeni Dg. Tabaji (Kota Kendari dengan nomor urut 4), Andi Nirwana (Kabupaten Bombana dengan nomor urut 5), Fatmawati Harli Tombili (Kota Kendari dengan nomor urut 9), Leni Andriani Surunuddin (Kota Jakarta Utara dengan nomor urut 11).

Berikutnya Ratna Lada (Kota Kendari dengan nomor urut 19), Tie Saranani (Kota Kendari dengan nomor urut 20), Wa Ode Hamsinah Bolu (Kota Baubau dengan nomor urut 22), dan Wa Ode Rabiah Al Adawia Ridwan (Kota Depok dengan nomor urut 23).

Dari sembilan perempuan yang masuk dalam DCS anggota DPD RI, dua di antaranya merupakan petahanan, yakni Andi Nirmawa yang juga mantan istri Bupati BombanaTafdil dan Wa Ode Rabiah Al Adawia Ridwan anak dari Ridwan BAE, mantan Bupati Muna dua periode yang kini sebagai Wakil Ketua Komisi V DPR RI.

Ketua KPU Provinsi Sultra Asril mengatakan bahwa penetapan DCS anggota DPD RI untuk melaksanakan ketentuan Pasal 178 Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 10 tahun 2022 tentang Pencalonan Perseorangan Peserta Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Daerah.

"Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sulawesi Tenggara mengumumkan DCS anggota Dewan Perwakilan Daerah asal Dapil Sulawesi Tenggara," kata Asril.

Asril mengatakan bahwa masyarakat dapat menyampaikan masukan dan tanggapan terhadap calon sementara anggota DPD yang tercantum dalam DCS.

"Masukan dan tanggapan disampaikan mulai 19 hingga 28 Agustus 2023 secara tertulis dengan bukti identitas diri dan bukti yang relevan ke KPU Provinsi Sulawesi Tenggara," katanya.

Asril menyebutkan masukan dan tanggapan tersebut dapat disampaikan melalui laman https://infopemilu.kpu.go.id, Kantor KPU Provinsi Sultra dengan alamat Chairil Anwar No. 9, Kecamatan Puuwatu, Kota Kendari, atau bisa melalui email silondpd@kpu.go.id.

Baca juga: KPU tetapkan daftar calon sementara DPR/DPD Pemilu 2024
Baca juga: KPU DKI umumkan DCS anggota DPD RI

Pewarta: Abdul Azis Senong
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023