Saya harap ini (pabrik AC di KIIC) dapat menjadi kontribusi di bidang ekonomi untuk Indonesia
Karawang (ANTARA) -
Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Kenji Kanasugi, menyampaikan harapan bahwa dengan hadirnya pabrik penyejuk udara (AC) baru di Karawang International Industrial City (KIIC) dapat memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia.
 
"Saya harap ini (pabrik AC di KIIC) dapat menjadi kontribusi di bidang ekonomi untuk Indonesia," kata Kenji dalam sambutannya saat peresmian pabrik AC dari sebuah jenama asal Jepang di KIIC, Karawang, Jawa Barat pada Rabu.
 
Kehadiran pabrik tersebut ditujukan meningkatkan produksi peralatan elektronik, terutama AC, di dalam negeri untuk memenuhi kebutuhan konsumen, yang selama ini juga disokong oleh produk impor.
 
Kenji mengatakan peningkatan produksi AC dalam negeri melalui pabrik AC tersebut sejalan dengan program pemerintah Indonesia terkait substitusi impor dengan mengurangi ketergantungan produk impor melalui peningkatan produksi dalam negeri.
 
Pabrik yang ditargetkan dapat memproduksi 1,2 juta unit AC per tahun itu diharapkan mampu memenuhi kebutuhan konsumen tidak hanya di dalam negeri, tetapi juga mancanegara terutama untuk kawasan ASEAN.

"Dengan peningkatan kapasitas dari produksi, ini tidak hanya dapat memenuhi kebutuhan lokal untuk Indonesia namun ke depannya juga akan ditujukan untuk memenuhi kebutuhan berbagai negara di ASEAN," ujarnya.
 
Dia berharap dengan hadirnya pabrik baru perusahaan elektronik Jepang di Indonesia, akan mempererat hubungan kerja sama ekonomi dengan Indonesia. Dia juga mengharapkan dukungan pemerintah Indonesia kepada perusahaan-perusahaan Jepang yang menjalankan industrinya di Indonesia.
 
"Kepada pemerintah Indonesia agar dapat terus mendukung perusahaan-perusahaan Jepang untuk melakukan kegiatan mereka di Indonesia," katanya.
 
"Apabila perusahaan-perusahaan tersebut memiliki kesulitan atau halangan dalam melakukan kegiatannya saya juga berharap pemerintah Indonesia juga dapat memberikan bantuannya dalam menghadapi tantangan tersebut," tambahnya.

Baca juga: Sharp resmikan pabrik AC di Karawang
Baca juga: Keberadaan pabrik AC baru di Karawang sesuai program substitusi impor

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023