Makassar (ANTARA) - Tiga jet tempur Sukhoi dari Skadron Udara 11 Pangkalan Udara (Lanud) Hasanuddin memeriahkan pembukaan Makassar International Eight Festival and Forum (F8) yang dilaksanakan pada 23-27 Agustus 2023 di Anjungan City of Makassar.

  Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto di Makassar, Rabu, mengatakan atraksi udara jet tempur Sukhoi selalu menyertai kegiatan F8 sejak 2016 hingga saat ini.

  "Alhamdulillah dukungan dari Pangkoopsud II dan Lanud Hasanuddin sangat besar karena kemeriahan F8 salah satunya dari atraksi udara itu," ujarnya.

  Tiga jet tempur Sukhoi itu mengitari langit Makassar di sekitar anjungan City of Makassar dengan manuver-manuvernya yang membuat pengunjung berdecak kagum.

  Di akhir atraksi pesawat Sukhoi, pengunjung juga disuguhi dengan atraksi dari 10 orang penerjun dari TNI AU Koopsaud.

Baca juga: Makassar International Eight Festival dimeriahkan pesawat Sukhoi

Baca juga: Wali Kota Makassar siapkan Kapal Pinisi jamu para menteri di ajang F8


 
 
  Dian salah seorang pengunjung asal Kabupaten Gowa menyempatkan waktu untuk mengikuti prosesi pembukaan pelaksanaan Makassar F8.

  "F8 selalu dinanti dan yang paling seru itu melihat langsung atraksi dari para penerbang-penerbang TNI AU. Senang saja melihat, apalagi saat beberapa kali Sukhoi manuver dengan terbang rendah dan kelihatan pesawat tempurnya itu besar sekali," katanya.

  Wali Kota Makassar menambahkan, event F8 tahun ini jauh lebih semarak dari tahun lalu. Selain dihibur oleh band papan atas seperti Cokelat dan Slank, event F8 ini juga melibatkan sebelas negara.

  Diantaranya Singapura, Thailand, Vietnam, Laos, Philipina, Jepang, Malaysia, Prancis, Australia, Portugal, dan India.

  Bahkan, lima negara ASEAN mengirim fashion desainer untuk mengikuti F8 di Kota Makassar. Yakni, Singapura, Thailand, Vietnam, Philipina, dan Laos.

  Makassar F8 sendiri singkatan dari fiction writer and font, flora and fauna, food and fruit, selain fusion music, film, fashion, fine arts, folk.

Baca juga: Wali Kota Makassar sebut perwakilan 11 negara akan hadir di event F8

Baca juga: 150 stan UMKM disiapkan untuk geliatkan ekonomi masyarakat di F8

 

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023