Semarang (ANTARA) - Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu menyambut kedatangan perwakilan 73 kabupaten/kota pusaka yang menjadi peserta Rapat Kerja Nasional (Rakesnas) Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) X di kawasan Kota Lama Semarang.

"JKPI merupakan jaringan antarkota, antarkabupaten se-Indonesia. Tujuannya, menjaga kelestarian cagar budaya," kata Ita, sapaan akrab Hevearita di Semarang, Rabu.

Rakernas JKPI X digelar mulai 22-25 Agustus 2023 dengan beragam kegiatan, antara lain pameran di Gedung Oudetrap, panggung seni budaya di Polder Tawang, "wellcome dinner" dan rakernas di Gedung Borsumy.

Ada pula kirab budaya yang digelar di jalan utama di Kota Lama Semarang yang merupakan kawasan yang dipadati bangunan cagar budaya.

Untuk Rakernas JKPI X, kata dia, mengambil tema "Pesona Pusaka Warisan Budaya Indonesia Sebagai Pengikat Keberagaman Budaya Dalam Bingkai Nusantara".

Baca juga: Pemkot Semarang angkat potensi Kota Lama di Rakernas Kota Pusaka

Baca juga: "Panggung apung" disiapkan sambut Rakernas Kota Pusaka di Semarang


"Kami (sesama kota pusaka) saling memberi 'support' untuk merawat, melestarikan 'heritage' atau cagar budaya. Semua bisa berjalan lancar apabila saling berkolaborasi," katanya.

Diakuinya, memang tidak mudah untuk mengelola dan merawat warisan cagar budaya, tetapi jika seluruh kota pusaka saling mendukung maka semuanya akan berjalan dengan lancar.

"Memang tidak mudah, tapi kalau kami bisa bersama, memberi 'support', Insya Allah, semua JKPI di Indonesia bisa berjalan lancar," kata Ita.

Ketua Presidium JKPI Tahun 2022 yang juga Wali Kota Palembang Harnojoyo mengaku bangga dengan digelarnya Rakernas X JKPI di Kota Semarang yang dipusatkan di kawasan Kota Lama.

"Atas nama ketua presidium, saya bangga. (Dengan) Kehadiran kami, pelaksanaan rangkaian acara JKPI sudah dimulai," katanya.

Harnojoyo juga menyampaikan terima kasih Pemerintah Kota Semarang yang telah menjamu seluruh kabupaten/kota yang mengikuti Rakernas X JKPI dengan kuliner yang lezat dan acara yang meriah.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang Wing Wiyarso menjelaskan bahwa kepala daerah yang menjadi tuan rumah Rakernas JKPI akan ditunjuk menjadi Ketua Presidium JKPI yang akan memimpin dalam satu tahun ke depan.

Artinya, Hevearita sebagai Wali Kota Semarang akan ditunjuk sebagai Ketua Presidium JKPI yang akan memimpin selama satu tahun ke depan, menggantikan Harnojoyo selaku ketua presidium sebelumnya.

Sebagai Ketua Presidium JKPI, kata dia, nantinya akan berwenang memberikan rekomendasi pengusulan, baik kepada Kemendikbud maupun UNESCO, salah satunya terkait Kota Lama Semarang.

"Kami berharap hasil seminar bisa mendorong upaya Pemkot Semarang yang bermimpi menjadikan Kota Lama sebagai 'heritage world' atau ditetapkan kota pusaka dunia," pungkas Wing.

Baca juga: 19.000 peserta Jaringan Kota Pusaka Indonesia bakal padati Semarang

Baca juga: Pemkot Madiun lestarikan budaya dengan menggelar Pameran Pesona Pusaka

 

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023