Tianjin (ANTARA) - Pameran perdagangan lintas-Selat di kota pelabuhan Tianjin, China menghasilkan kesepakatan 19 proyek yang melibatkan total investasi sebesar 4,9 miliar yuan (1 yuan = Rp2.103) atau sekitar 673 juta dolar AS (1 dolar AS = Rp15.326) ditandatangani pada Selasa (22/8). 

Pameran perdagangan Tianjin-Taiwan yang berlangsung selama empat hari tersebut berhasil menarik partisipasi dari sekitar 300 orang dari Taiwan, termasuk para pejabat dan pengusaha, dengan tujuan membangun sebuah platform investasi bagi perusahaan-perusahaan Taiwan dan mendorong pertukaran ekonomi serta perdagangan lintas-Selat.

"China Daratan merupakan 'pabrik dunia' dan 'pasar dunia'. Daya belinya sangat luar biasa. Saya sangat yakin dengan pasar China Daratan dan akan terus berinvestasi di masa depan," kata wakil presiden Dachan Greatwall Group,  Jason Han, salah satu perusahaan asal Taiwan yang menandatangani beberapa proyek bisnis.

Tianjin berperan sebagai pusat investasi penting bagi perusahaan-perusahaan yang didanai Taiwan di wilayah utara China Daratan. Lebih dari 2.600 perusahaan yang didanai Taiwan telah didirikan, dengan total investasi kontraktual melampaui 18,1 miliar dolar AS. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Desi Purnamawati
Copyright © ANTARA 2023