Jakarta (ANTARA) -
Polda Metro Jaya melakukan penanaman 100 ribu pohon di wilayah Polres jajaran untuk mendukung pemerintah mengurangi polusi udara di DKI Jakarta.
 
"Polri mencanangkan untuk penanaman pohon di seluruh Indonesia,“ kata Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.
 
Pada hari ini dan juga beberapa waktu yang lalu kualitas udara di Jakarta cukup buruk. "Dan ini adalah salah satu upaya untuk membuat Jakarta lebih hijau dan lebih sehat," katanya.
 
Karyoto menjelaskan, kegiatan penanaman pohon ini juga merupakan wujud nyata kolaborasi antara aparat Kepolisian dengan masyarakat.
 
"Warga setempat turut bergabung dalam aksi ini, menunjukkan adanya kesadaran bersama dalam menjaga alam dan mewujudkan lingkungan yang lebih sehat dan lestari," katanya.
 
Karyoto menjelaskan, penanaman 100.000 pohon yang didominasi tanaman buah seperti alpukat, durian, jambu dan jenis pohon sengon serta jati ini dapat memberi manfaat untuk menjadikan lahan yang kosong lebih produktif.

Baca juga: Tiga hari ASN DKI WFH, kepadatan lalu lintas turun empat persen
Baca juga: Atasi polusi DKI, Pemerintah buka opsi semprot air dari gedung tinggi
 

Manfaatnya juga bisa dirasakan langsung oleh masyarakat sekitar. "Kegiatan ini juga menjadi ajang edukasi bagi masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan demi keberlangsungan hidup yang lebih baik," katanya.
 
Acara tersebut dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia secara virtual yang dipimpin langsung Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.
 
Turut hadir dalam kegiatan penanaman pohon tersebut Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dan Pangdam Jaya Mayjen TNI Mohamad Hasan, Kajati DKI Jakarta Reda Manthovani, Pejabat Utama Polda Metro Jaya dan Forkopimda.
 
Program “Polri Lestarikan Negeri Penghijauan Sejak Dini secara Hybrid bersama dengan Kapolda dan Kapolres Seluruh Indonesia” adalah gagasan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari AMMTC ke-17 tahun 2023 dan pertemuan Kapolri dengan Para Kepala Kepolisian ASEAN di Labuan Bajo pada 20-24 Agustus 2023.
 

Pewarta: Ilham Kausar
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023