Makassar (ANTARA) - Sebanyak 20 mahasiswa Universitas Hasanuddin (Unhas) lolos dalam program hibah riset kerja sama UNESCO-Tanoto Foundation.

Direktur Kemahasiswaan dan Penyiapan Karir Unhas, Abdullah Sanusi PhD di Makassar, Kamis, menyampaikan Unhas dan Tanoto Foundation sudah menjalin kerja sama sejak lama dalam hal pemberian beasiswa.

“Kami tentu sangat bersyukur, dari 39 mahasiswa kita yang mendaftar pada program ini, ada 20 orang yang lolos mendapatkan dana hibah pada program bergengsi ini,” ujar Abdullah Sanusi.

Ia menjelaskan, hibah riset tersebut merupakan kolaborasi program Tanoto Student Research Award (TSRA) dan UNESCO Youth as Researchers (YAR) atau disebut YAR-TSRA 2023. Program ini hanya diikuti enam kampus di Indonesia yaitu Unhas, Universitas Indonesia, ITB, IPB, Universitas Brawijaya, dan Universitas Diponegoro.

Baca juga: Unhas serahkan beasiswa dari dana abadi untuk 120 mahasiswa

Baca juga: Unhas antusias ikuti program beasiswa Kominfo



Program yang akan berlangsung pada Agustus hingga Desember 2023 ini dikhususkan untuk mahasiswa peneliti muda yang bersemangat membawa perubahan dan menyelesaikan tantangan sosial dan ekonomi melalui penelitian.

Setelah melalui serangkaian tahapan seleksi, program ini diikuti 115 mahasiswa peserta terpilih dari 6 perguruan tinggi mitra Tanoto Foundation," ujarnya.

Selain hibah penelitian, program ini juga akan memberikan pelatihan dan pendampingan kepada peserta untuk merancang dan melakukan penelitian sosial yang dapat membantu pembuatan kebijakan, desain program, dan penelitian masa depan.

Adapun manfaat yang diterima peserta terpilih adalah mendapatkan sesi pembelajaran mengenai penelitian sosial selama 12 minggu, hibah penelitian kelompok untuk melakukan proyek penelitian sesuai dengan topik yang ditentukan, mengikuti lokakarya, dan terakhir akan melakukan presentasi hasil penelitian.

Para peserta yang berhasil menyelesaikan program ini akan menerima sertifikat partisipasi dari UNESCO dan Tanoto Foundation.

Baca juga: Pemkab Gowa siapkan beasiswa bidang hukum untuk 10 orang

Baca juga: BSI berikan beasiswa bagi mahasiswa berprestasi di Unhas

 

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023