Solo (ANTARA News) - Menteri Perdagangan Giwa Irawan Wiryawan mengharapkan revitalisasi pasar tradisional yang akan terus dilakukan oleh pemerintah, mampu meningkatkan perekonomian dan menguatkan daya saing pedagang terhadap pasar modern.

"Revitalisasi pasar tradisional akan terus dilakukan dengan harapan bisa meningkatkan perekonomian dan sekaligus lewat cara ini, para pedagang akan mampu bersaing dengan pasar modern," katanya ketika meresmikan "Pemugaran Pasar Tradisional Pasar Nongko Kota Surakarta" di Solo, Selasa.

Ia meminta para pengelola pasar tradisional untuk menjaga kebersihan, sedangkan para pedagang juga harus peduli terhadap lingkungan tempat berjualan.

Pada kesempatan itu ia juga mengemukakan pentingnya para pedagang berlatih mengenai manajemen guna mengembangkan usahanya.

"Saya minta kepada para pedagang selain menjaga kebersihan juga mau belajar manajemen agar nantinya tidak tertinggal dengan yang lain," katanya.

Setelah meresmikan pemugaran pasar itu, Menteri Gita Wiryawan kemudian berkeliling di pasar itu dan berdialog dengan para pedagang.

Pembangunan pasar tersebut dengan dana APBN 2012 sebesar Rp5 miliar dan APBD Pemerintah Kota Surakarta Rp1,2 miliar.

Pasar itu ditempati 252 pedagang dengan los dan 110 pedagang dengan "oprokan".

Menteri Gita Wiryawan beserta rombongan kemudian melanjutkan agendanya, yakni meresmikan Pasar Bekonang di Kabupaten Sukoharjo.

Pewarta: Joko Widodo
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013