tiap tahun enggak ada target, jadi turun terus anggarannya
Semarang (ANTARA) - Kementerian Perdagangan (Kemendag) menyebut anggaran untuk revitalisasi pasar pada 2024 turun menjadi Rp75 miliar untuk pembangunan kurang lebih 13 pasar di seluruh Indonesia.

Direktur Sarana Perdagangan dan Logistik Kemendag Sri Sugy Atmanto mengatakan, anggaran tersebut turun dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai Rp200 miliar. Menurut Sugy, penurunan ini terjadi lantaran tidak lagi menjadi target pembangunan.

"Anggaran 2024 ini turun dari tahun lalu sekarang tinggal Rp75 miliar, itu paling hanya untuk 13 pasar di seluruh Indonesia. Ini sekarang sedang menjalankan proses review dalam rangka penetapan pasar mana yang mendapatkan revitalisasi, jadi belum ada penentuan masih proses," ujar Sugy di Semarang, Jawa Tengah, Kamis.

Sugy menjelaskan, program revitalisasi pasar rakyat sudah ada sejak periode pertama masa jabatan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Saat itu, ditargetkan terdapat 5.000 pasar yang direvitalisasi.

Lebih lanjut, Sugy mengatakan, Pemerintah sudah tidak lagi menargetkan revitalisasi pasar sejak 2020. Namun, tugas untuk pembangunan pasar masih berada di bawah Kemendag.

"Jadi tiap tahun enggak ada target, jadi turun terus anggarannya. Mekanisme itu tidak hanya anggaran bantuan, tapi ada dana alokasi khusus langsung dari Kementerian Keuangan ke daerah tapi mekanisme yang ini bukan di kami," kata Sugy.

Kemendag juga bekerja sama dengan Kementerian PUPR untuk pembangunan pasar, yang nilai anggarannya di atas Rp12 miliar. Sedangkan untuk yang berada di bawah Rp12 miliar akan dikerjakan oleh Kemendag.

Pembangunan pasar besar sudah dilaksanakan di beberapa daerah seperti di Solo, Semarang, Trenggalek, Bukit Tinggi, dan Malang. Pasar-pasar tersebut dikerjakan bersama-sama dengan Kementerian PUPR karena memiliki nilai anggaran yang besar.

"Itu pasar yang dikerjakan PUPR karena nilai anggarannya besar," ucapnya.

Baca juga: Mendag revitalisasi Pasar Tematik Wisata Cheng Hoo
Baca juga: Baru rampung direvitalisasi, Heru Budi resmikan Pasar Jatirawasari
Baca juga: Kemendag sebut 30 pasar direvitalisasi di seluruh Indonesia

Pewarta: Maria Cicilia Galuh Prayudhia
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024