Belitung (ANTARA) - Bupati Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sahani Saleh, menyatakan pihaknya membidik kerjasama dengan Republik Uzbekistan di berbagai bidang yang diyakini dapat menguntungkan kedua belah pihak.

"Kerjasama yang kami tawarkan di bidang ekonomi, UMKM, pertanian, dan pariwisata yang akan dapat menguntungkan kedua belah pihak karena Republik Uzbekistan salah negara maju yang terletak di Asia Tengah," kata Sahani Saleh di Tanjung Pandan, Kamis.

Ia mengatakan wilayah Kabupaten Belitung dengan potensi kekayaan alam seperti pertanian maupun sektor pariwisata sebelumnya mendapat kunjungan dari perwakilan Kedutaan Besar Republik Uzbekistan di Jakarta.

Diharapkan kedua belah pihak dalam waktu dekat sudah terjalin kerjasama sehingga mampu mempercepat perekonomian masyarakat.

Sahani Saleh mengatakan, penduduk Republik Uzbekistan mayoritas Umat Islam seperti penduduk di Indonesia sehingga sektor pariwisata atau kuliner halal dapat dinikmati oleh wisatawan dari Uzbekistan.

Kota Bukhara merupakan kota sejarah di Uzbekistan yang merupakan rute sutra dan kota ini adalah tempat kelahiran tokoh-tokoh besar dalam dunia narasi hadits dan penulisan kitab hadits Shahih Bukhari (Imam Al Bukhari).

Sahani Saleh mengatakan, beberapa kota di negara Uzbekistan juga terdaftar sebagai situs warisan dunia yang dikukuhkan oleh UNESCO seperti di Bukhara dan Samarkhand.

Dari aspek ini memiliki kesamaan dengan Belitung yang juga telah ditetapkan sebagai kawasan UNESCO Global Geopark.

"Kami sedang mempersiapkan segala sesuatu untuk menyambut perwakilan Uzbekistan yang dijadwalkan pertengahan September mendatang menggunakan "charter flight," jelas Bupati Sahani Saleh.

Pewarta: Kasmono
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2023