Jakarta (ANTARA) - Ganda campuran Indonesia Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari mengatakan memetik pelajaran penting di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2023, yaitu soal mengontrol emosi dan bermain lebih tenang.

Rinov/Pitha yang belum dapat menembus babak perempat final usai kalah dari pasangan Thailand Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai di babak 16 besar, Kamis, dengan skor 21-12, 21-19.

“Harus diakui lawan punya pengalaman lebih dan kini berada di top 4. Dari pertandingan ini kami mendapat banyak pengalaman dan pelajaran. Belajar dari pertemuan sebelumnya, kami sebenarnya sudah cari celah terus. Semoga di pertemuan ke depan, kami bisa tembus,” kata Rinov, dikutip dari keterangan tertulis PBSI.

“Ke depan, dari segi teknis perlu diperbaiki lagi. Selain itu, kami juga tak boleh panik. Saat tertinggal, harus terus berusaha untuk mencari celah dan lebih tenang,” imbuh Pitha.

Lebih lanjut, Rinov/Pitha mengatakan pertandingan kontra Puavaranukroh/Taerattanachai berlangsung cukup alot. Namun, ganda campuran peringkat 16 dunia itu berhasil keluar dari tekanan dan memperkecil selisih perolehan angka di gim kedua.

“Meskipun kami kalah, rasanya tetap bangga karena bisa bermain lebih baik, terutama di gim kedua. Tadi kami terus mencoba untuk bisa keluar dari tekanan. Sementara lawan juga bermain cukup baik,” ujar Rinov.

“Pada pertemuan terakhir, kami memang bisa memaksa lawan bermain rubber game. Kendati kini kalah dua gim, terlihat kami ada progresnya. Saya sendiri merasa cukup puas,” tambah Pitha.

Baca juga: Bagas/Fikri hadapi lawan berat pada 16 besar Kejuaraan Dunia

Mereka berdua pun sepakat bahwa Kejuaraan Dunia merupakan ajang bergengsi yang memiliki atmosfer besar dan tampil di ajang tersebut membutuhkan mental yang kuat.

“Meski bisa memberikan perlawanan, terutama di gim kedua, kami masih banyak panik sendiri di tengah lapangan. Banyak kekurangan yang harus dibenahi lagi,” kata Rinov.

“Dalam pertandingan tadi, kami terus mencoba dan berusaha, meskipun belum berhasil. Saya mengapresiasi penampilan Rinov yang bermain baik hari ini,” timpal Pitha.

Sementara itu, Indonesia menurunkan sembilan wakil di hari keempat Kejuaraan Dunia yang digelar di Denmark.

Selain Rinov/Pitha, untuk ganda campuran masih ada Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati yang akan menghadapi Yuta Watanabe/Arisa Higashino (Jepang), serta Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja yang akan bersua dengan Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (China).

Baca juga: Fajar/Rian derita kekalahan mengecewakan pada 32 besar
Baca juga: The Daddies melaju mudah ke babak 16 besar Kejuaraan Dunia 2023


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023