Banyak orang di sini yang lama menunggu kejadian ini,
London (ANTARA News) - Cardiff City dipromosikan ke jenjang kompetisi Liga Utama Inggris (Premier League), Selasa, setelah bermain imbang 0-0 di kandang lawan Charlton Athletic, sehingga klub Wales berada di urutan kedua pada kompetisi divisi dua (Championship).

Cardiff, yang dengan mengenaskan gagal dalam babak "playoff" pada tiga musim terakhir, mulai musim depan akan bermain di kompetisi kasta tertinggi itu. Ini merupakan pertama kalinya sejak 1962.

Promosi mereka itu mendapat perhatian dan dukungan luar biasa dari penonton setia mereka, yang bersorak-sorai merayakan kemenangan itu sejak pluit akhir berbunyi.

"Semua tersenyum dan bergembira dan saya kira ini merupakan malam panjang di Cardiff," kata pelatih Malky MacKay kepada Sky Sports dalam wawancara di tengah suara bising di Stadion Cardiff City.

"Saya pun gembira melihat kegembiraan pemain dan pendukung itu. Banyak orang di sini yang lama menunggu kejadian ini," kata pelatih dari Skotlandia yang menangani tim itu sejak 2011.

"Para staf klub sepak bola, ofisial di belakang meja, staf pelatih, direktur dan para pemilik klub, para pendukung, malam ini menjadi milik kita semua," tambah mantan pelatih Watford itu.

"Saya kehilangan kata-kata saat ini. Kami pantas maju, kami pantas mendapatkannya," kata pemain bertahan Cardiff Mark Hudson kepada BBC.

"Kami bermain konsisten tahun ini, tepatnya mulai November, sehingga kami sekarang dipromosikan. Kami akan merayakan ini dan seterusnya maju lagi untuk mendapatkan gelar," katanya.

Cardiff memenangi kompetisi Championship dengan unggul tujuh poin atas tim urutan kedua Hull City, dengan sisa tiga pertandingan lagi.

Pada bagian lain pertandingan kompetisi Championship, masa panjang Bristol City selama enam bulan di kompetisi "tier" 2 berakhir setelah mereka kalah 0-1 di kandang atas Birmingham City, sehingga mereka mengalami degradasi.

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2013