Jakarta (ANTARA) - Perusahaan air minum dalam kemasan Danone-AQUA mengkampanyekan gerakan “Pikirin Dulu” untuk membangun kesadaran dan mengajak generasi muda kritis dan peduli conscious consumption atau mempertimbangkan dampak sosial dan lingkungan sebelum memutuskan mengonsumsi produk tertentu.

“Kami merasa perlu menanamkan budaya berpikir kritis dulu dalam berkonsumsi kepada generasi muda sebagai generasi penerus bangsa melalui kampanye sosial yang kami luncurkan pada hari ini. Apalagi hal ini sejalan dengan target pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals, nomor 12) yang selama ini terus menerus dijalankan oleh Danone-AQUA,” kata Corporate Communications Director Danone Indonesia Arif Mujahidin dalam acara bincang-bincang bersama Danone-AQUA di Jakarta, Kamis.

Adapun Danone-AQUA menyampaikan pesan kepada generasi muda bahwa di balik sebuah produk, terdapat banyak sekali nilai-nilai untuk dipertimbangkan, sehingga penting untuk berpikir sebelum membeli atau mengonsumsi sebuah produk. Berdasarkan data yang dilansir dari NielsenIQ, terdapat penambahan konsumen sebanyak 46 persen yang menginginkan sebuah merek dapat menciptakan perubahan berkelanjutan yang mereka cari.

Baca juga: Danone-AQUA tanam pohon kopi Arabica Sigararuntang di Cupunagara

Data tersebut juga menunjukkan bahwa kini konsumen mempertimbangkan dampak suatu produk secara keseluruhan. Mereka akan menilai beberapa hal, mulai dari bahan-bahan, proses produksi, dan dampak suatu rantai pasokan terhadap bumi sebelum mengonsumsi sesuatu (makanan, minuman dan berbagai produk lainnya).

Sementara itu, perilaku conscious consumption dari gerakan “Pikirin Dulu” merupakan perilaku baik yang perlu dibiasakan kepada generasi muda sejak dini, baik di lingkungan rumah maupun satuan pendidikan saat ini. Kompetensi tersebut menumbuhkan kesadaran dalam membuat keputusan serta berkaitan dengan dampak jangka panjang dari apapun yang dikonsumsi, misalnya untuk kesehatan diri sendiri.

“Yang lebih penting lagi, muncul juga tanggung jawab kolektif yang lebih besar, pada keberlanjutan lingkungan serta kesejahteraan masyarakat,” kata pendidik dan pendiri Sekolah.mu Najeelaa Shihab saat menjadi salah satu pembicara dalam acara tersebut.

“Melalui kampanye sosial #PikirinDulu, kami mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk saling memberikan inspirasi dalam mengalirkan kebaikan dengan mempraktikkan berpikir dulu sebelum memilih produk yang telah memenuhi tanggung jawabnya terhadap lingkungan, kesehatan, dan juga sosial. Dengan begitu, kita semua turut berperan aktif menciptakan keberlanjutan untuk masa depan,” kata Arif.

Sebagai bagian dari kampanye “Pikirin Dulu”, Danone-AQUA bermitra dengan Universitas Indonesia juga mengundang para mahasiswa seluruh Indonesia untuk berpartisipasi dalam kompetisi inovasi program terkait isu kesehatan dan keberlanjutan lingkungan bertajuk “Voice of Youth Challenge 2023”. Untuk rincian mengenai kompetisi tersebut dapat diakses melalui laman resmi akun instagram @voiceofyouthchallenge.

Baca juga: Danone-AQUA komitmen berdayakan ekonomi masyarakat sekitar pabrik

Baca juga: AQUA telah tanam 2,5 juta pohon menjaga sumber daya air di Indonesia

Pewarta: Vinny Shoffa Salma
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2023