Kota Tangerang Selatan masuk ke dalam urutan ke-17 dengan nilai tingkat kegemaran baca 7,35 dan masuk ke dalam kategori nilai tinggi
Tangerang (ANTARA) - Kepala Pusat Bibliografi dan Pengolahan Bahan Perpustakaan, Perpusnas RI, Suharyanto Mallawa meminta agar program literasi terkait peningkatan minat baca di daerah agar terus dioptimalkan.

"Misalnya Gebyar Perpustakaan di Tangerang Selatan ini, jadi caranya dengan mendekatkan masyarakat, pustakawan, dan pengunjung untuk hadir ke perpustakaan. Sehingga dapat meningkatkan litersi dan mendapat informasi terkait koleksi perpustakaan," kata Suharyanto Mallawa dalam keterangannya pada acara gebyar perpustakaan yang diselenggarakan di halaman dinas perpustakaan dan kearsipan Kota Tangerang Selatan, Kamis.

Ia mengatakan, meningkatkan minat baca adalah tugas bersama dan semua pihak. Maka itu program yang bisa mendekatkan agar dapat dimaksimalkan.

Baca juga: Jakbar tanamkan budaya literasi kepada anak sekolah lewat "Hanjaba"  

Dia menjelaskan, Kota Tangerang Selatan masuk ke dalam urutan ke-17 dengan nilai tingkat kegemaran baca 7,35 dan masuk ke dalam kategori nilai tinggi.

“Kegemaran baca di Tangsel ini masuk ke dalam urutan 17, dengan nilai tingkat kegemaran baca yaitu 7,35. Ini cukup tinggi, dan harus bisa ditingkatkan lagi," ujarnya.

Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie mengatakan kegiatan ini sangatlah bermanfaat terutama dalam upaya meningkatkan literasi masyarakat.

Baca juga: Satgas Yonif 125 tumbuhkan minat baca anak Papua Selatan

“Ini akan bermanfaat untuk kita semua, terutama putra-putri kita. Salah satunya dalam meningkatkan literasi membaca,” katanya.

Selain meningkatkan literasi, Ia juga meyakini kegiatan ini dapat mendorong semangat dalam menumbuhkan bakat, karya dan inovasi yang dihasilkan untuk Kota Tangerang Selatan.

“Melalui ini nantinya akan melatih minat bakat masyarakat di Tangsel untuk berinovasi dan terus berkarya. Dengan mengucap bismillah, gebyar perpustakaan di Tangsel ini saya nyatakan dibuka,” ujarnya.

Baca juga: Minat baca di Sumut didorong GPMB dengan membentuk satgas

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023