Bandung (ANTARA) Universitas Padjadjaran menyelenggarakan masa Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tingkat universitas Tahun Akademik 2023/2024. Sebanyak 7.929 mahasiswa baru yang terdiri dari mahasiswa Program Doktor, Magister, Subspesialis, Spesialis, Profesi, Sarjana dan Sarjana Terapan menghadiri PKKMB hari pertama yang dilaksanakan di kampus Unpad Jatinangor pada Senin (21/8/2023) yang kemudian dilanjutkan di tingkat fakultas. Seluruh mahasiswa Unpad sedang melaksanakan pengenalan kehidupan kampus di fakultas masing-masing termasuk mahasiswa FPIK Unpad yang melaksanakan prosesi penerimaan mahasiswa baru pada 24-25 Agustus 2023.

“PKKMB ini tidak hanya merupakan prosesi penyambutan resmi kepada para mahasiswa baru oleh sivitas akademika Universitas Padjadjaran, tetapi juga merupakan inisiasi awal perkenalan saudara-saudara dengan kehidupan perguruan tinggi. Ini merupakan momen yang sarat makna dan harapan, karena hari ini bukan hanya awal dari perjalanan pendidikan Anda sebagai mahasiswa, tetapi juga simbol dari komitmen Unpad dalam menghasilkan generasi Indonesia Emas yang mampu mengukir prestasi gemilang di panggung dunia,” kata Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti dalam Upacara Penerimaan Mahasiswa Baru.

Universitas Padjadjaran menyelenggarakan masa Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tingkat universitas Tahun Akademik 2023/2024.

Di hari pertama masa Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tingkat fakultas, FPIK Unpad membuat talkshow dengan tema “Menuju Insan Kreatif dan Kolaboratif di Era Industri 4.0” yang mendatangkan narasumber dari internal dan eksternal kampus diantaranya Manajer Bidang Akademik FPIK Unpad Dr. Eri Bachtiar S.Si. M.Si, Direktur CV Agung Tosakin dan terakhir Kepala Kantor Perwakilan Jakarta PT PAL Indonesia Mujizat Alam yang sekaligus merupakan alumni FPIK Unpad.

Tahun ini terdapat lebih dari 400 mahasiswa baru FPIK Unpad mengikuti PKKMB tahun 2023. “Di tahun ini, terdapat 400 mahasiswa baru yang terdiri dari mahasiswa program sarjana (S1) studi perikanan, studi ilmu kelautan, program sarjana terapan (D4) studi pariwisata bahari dan program magister konservasi laut & perikanan " imbuh Dr. Eri Bachtiar.

Mujizat Alam, millennial BUMN berusia 27 tahun yang saat ini menjadi pejabat struktural termuda di PT PAL Indonesia menjelaskan tentang tantangan global yang harus dihadapi saat ini termasuk untuk bertahan dalam revolusi industri 4.0. “Indonesia dalam hal sektor maritim harus siap menghadapi revolusi Industri 4.0 agar tidak ketinggalan dengan negara lainnya dengan salah satunya melakukan investasi dalam pembangunan infrastruktur seperti teknologi informasi juga investasi pada pengembangan keahlian Sumber Daya Manusia (SDM)”.

Perkembangan industri 4.0 adalah fenomena yang tidak dapat dihindari dan harus dihadapi dengan optimisme bahwa Indonesia akan mampu bersaing. Industri 4.0 memberikan peluang besar untuk meningkatkan efisiensi dan mengoptimalkan sistem produksi, namun juga membawa tantangan dan risiko yang harus diatasi dengan serius. Revolusi Industri 4.0 memiliki potensi besar untuk mendorong percepatan pembangunan industri maritim. Teknologi-teknologi canggih yang termasuk dalam Revolusi Industri 4.0 dapat mengubah cara industri maritim beroperasi, berinovasi, dan berkompetisi.

“Kita adalah negara maritim terbesar di dunia. Pembangunan industri maritim yang inklusif dan berkelanjutan akan menjadi kunci dan dasar bagi pertumbuhan ekonomi maritim untuk peningkatan PDB nasional. Kualitas SDM, infrastruktur, dan penguasaan teknologi menjadi kekuatan utama dalam pengembangan ekonomi maritim” pungkas Mujizat Alam saat menjadi pembicara dalam acara Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) FPIK yang digelar di Gedung Aula FPIK Universitas Padjadjaran, Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat. 

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023