Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengucap syukur dan menyampaikan terima kasih kepada pemain yang telah berjuang dengan heroik sehingga
Timnas Indonesia U-23 mampu mengalahkan tuan rumah Thailand 3-1 di semifinal Piala AFF U-23 2023, Kamis.

"Alhamdulillah. Pemain tampil baik, rakyat berdoa, dan Allah pun beri jalan," ujar Erick dalam keterangan resminya, Kamis.

Erick berterima kasih kepada pemain dan seluruh ofisial yang telah mempersiapkan laga dengan sangat baik.

"Hari ini kembali para pemain tampil habis-habisan dengan kualitas teknis dan mental yang baik. Terbukti Thailand yang selama ini sulit kita taklukkan, dua kali beruntun kita kalahkan," ujar Erick.

Baca juga: Indonesia melaju ke final Piala AFF U-23 setelah tundukkan Thailand

Namun, Erick meminta semua pihak jangan jemawa. Menurut Menteri BUMN tersebut, masih ada satu laga final melawan Vietnam yang tak mudah.

"Masih ada 90 menit plus perpanjangan jika imbang. Jadi kami akan terus berjuang hingga akhir," kata Erick.

Kemenangan Indonesia atas Thailand sangat spesial. Ini mengingat timnas Indonesia mengawali kejuaraan AFF U-23 dengan sejumlah kendala. Dimulai kendala memanggil pemain karena banyak punggawa utama timnas tak diizinkan klubnya. Masalah semakin pelik ketika Indonesia di putaran grup mesti kalah dari Malaysia.

Meski hanya lolos dengan predikat runner-up terbaik, timnas Indonesia nyatanya tampil lepas menghadapi Skuad Thailand yang tampil dengan materi terbaik. Ini ditambah kenyataan Thailand bermain di hadapan pendukungnya.

Pada babak final, timnas sudah ditunggu Vietnam yang mengalahkan Malaysia pada babak semifinal. Laga final Piala AFF 2023 yang mempertemukan Indonesia kontra Vietnam akan berlangsung Sabtu (26/08).

Baca juga: Vietnam melaju ke final Piala AFF U-23 usai kalahkan Malaysia 4-1
Baca juga: Pengamat: Thailand belum sepenuhnya menunjukkan kekuatan mereka

Pewarta: Dadan Ramdani
Editor: Roy Rosa Bachtiar
Copyright © ANTARA 2023