Produksi tersebut mampu melebihi target perusahaan untuk semester pertama 2023
Jakarta (ANTARA) - PT Pertamina Hulu Indonesia (PHI) mencatat kinerja positif selama semester I 2023, dengan pencapaian produksi minyak lebih dari 61 ribu barel per hari (MBOPD) dan gas 740 juta standar kaki kubik (MMSCFD).

"Produksi tersebut mampu melebihi target perusahaan untuk semester pertama 2023," kata Direktur Utama PT Pertamina Hulu Indonesia (PHI) John Anis di Jakarta, Jumat.

Sejak mengemban amanah sebagai nakhoda baru di PHI pada Mei 2023, John Anis menyampaikan komitmen dirinya dan perusahaan untuk menjalankan strategi yang tepat, antara lain terus mendorong munculnya ide-ide, inovasi, dan penerapan teknologi yang mampu mendukung operasi yang selamat, efektif, efisien dan andal.

John optimis melalui optimasi dan inovasi, perusahaan dapat mencapai target produksi yang telah ditetapkan dan memastikan keselamatan bagi seluruh pekerja, mitra kerja, dan masyarakat.

“Dalam rangka mendukung pencapaian produksi migas nasional 1 juta barel minyak dan 12 miliar standar kaki kubik gas di 2030, PHI terus berinvestasi dalam kegiatan pengeboran eksplorasi dan eksploitasi,” jelas John.

Di 2023 ini, PHI mencatatkan kesuksesan dalam kegiatan pengeboran baik eksplorasi maupun eksploitasi yang dilakukan oleh anak-anak perusahaan dan afiliasi.
Pengeboran pengembangan di Lapangan Pamusian (PAM-1090) Pertamina EP Field Tarakan mencatat kesuksesan capaian produksi sebesar 1.000 BOPD.

Dalam kegiatan eksplorasi, lanjut John Anis, PHI memperoleh penemuan (discovery) melalui pengeboran sumur Adiwarna 1-x, oleh anak perusahaan PHI, yaitu Pertamina Hulu Mahakam.

"PHI juga meraih kesuksesan pengeboran sinergi wilayah beririsan di sumur Helios D-1/HLX D-1 (sumur eksplorasi PHSS) and LSE-1147 (sumur pengembangan PEP Sangasanga)," ujarnya.

John pun menjelaskan bahwa prioritisasi rencana kerja menjadi salah satu strategi utama perusahaan untuk mencapai target produksi migas di tahun 2023.

“Menghadapi tantangan mature field & aging facilities, PHI terus mendorong strategi lainnya berupa optimasi fasilitas produksi. Peningkatan biaya produksi dan operasi diimbangi dengan optimasi biaya yang dapat dicapai melalui peningkatan sinergi melalui borderless strategy,” imbuhnya.

Selanjutnya, John Anis pun memaparkan strategi monitoring yang akurat terhadap berbagai persiapan dan eksekusi proyek untuk menghadapi berbagai tantangan, khususnya di tengah dinamika harga minyak dan gas yang tidak dapat kita kendalikan.

“Kemampuan kita mengelola keekonomian proyek hulu migas dengan memastikan eksekusi yang efektif dan tepat waktu akan menentukan keberhasilan Perusahaan,” pungkasnya.

PT Pertamina Hulu Indonesia merupakan bagian Subholding Upstream Pertamina yang dinakhodai oleh PT Pertamina Hulu Energi (PHE). PHI mengelola operasi dan bisnis hulu migas sesuai prinsip ESG (environment, social, governance) di Regional 3 Kalimantan.

Tahun 2022 lalu, melalui anak perusahaan dan afiliasinya, PHI mencatatkan produksi minyak sebesar 57,8 ribu barel minyak per hari (MBOPD) produksi gas sebesar 668,3 juta standar kaki kubik gas per hari (MMSCFD).

Dalam mencapai visinya menjadi perusahaan migas kelas dunia, PHI terus melakukan beragam inovasi dan aplikasi teknologi dalam menghasilkan energi yang selamat, efisien, handal, patuh, dan ramah lingkungan untuk mendukung #EnergiKalimantanUntukIndonesia.

Baca juga: Pertamina Hulu Sanga Sanga temukan sumber daya dan cadangan migas baru
Baca juga: Pertamina Hulu Indonesia catat kinerja positif triwulan I-2023

Pewarta: Faisal Yunianto
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023