Johannesburg (ANTARA) - Presiden China Xi Jinping, Kamis (24/8), menyerukan upaya bersama dalam membangun komunitas pembangunan bersama dan memastikan tidak ada negara yang tertinggal dalam proses modernisasi global.

Dalam acara BRICS-Africa Outreach dan BRICS Plus Dialogue, di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-15 BRICS, Xi menyerukan kepada komunitas global untuk mengembalikan pembangunan ke pusat agenda internasional.

Selain itu, dia juga mendorong ada berbagai upaya untuk meningkatkan keterwakilan dan suara negara berkembang dalam tata kelola global, serta mendukung negara berkembang dalam mewujudkan pembangunan lebih baik.

China akan selalu menjadi bagian dari negara-negara berkembang, tegas Xi. China akan melakukan lebih banyak kerja sama dengan negara-negara Afrika untuk mendukung Afrika dalam meningkatkan kapasitas pembangunannya.

Sejumlah lembaga keuangan China akan segera menyiapkan dana khusus sebesar 10 miliar dolar AS yang didedikasikan untuk implementasi Inisiatif Pembangunan Global.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023