Medan (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan sebagian wilayah di Sumatera Utara (Sumut) berpotensi diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat pada sore dan malam hari.

"Atas kondisi tersebut masyarakat diimbau untuk selalu waspada kemungkinan terjadinya bencana hidrometeorologi seperti banjir dan longsor dan lainnya," kata Prakirawan BBMKG wilayah I Medan Christin A. Matondang di Medan, Jumat.

Secara umum cuaca di Sumatera Utara dalam dua hari ke depan pada pagi hari berawan dan berpeluang hujan ringan di wilayah Langkat, Medan, Serdang Bedagai Deliserdang, Batubara, Labuhanbatu Utara dan sekitarnya.

Siang dan sore hari berpotensi hujan ringan hingga lebat di sebagian besar wilayah Sumatera Utara.

Baca juga: BMKG: Waspada hujan disertai petir & angin kencang di sebagian Sumut

Hujan lebat berpotensi terjadi di wilayah Simalungun, Toba, Samosir, Humbang Hasundutan, Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara dan sekitarnya. Malam hari juga berpotensi hujan sedang hingga lebat di sebagian besar wilayah Sumatera Utara.

Hujan lebat berpotensi terjadi di wilayah Pakpak Bharat, Dairi, Humbang Hasundutan, Karo, Samosir, Medan, Binjai, Tebing Tinggi , Langkat, Deliserdang, Medan, Nias, Padanglawas Utara, Mandailing Natal dan sekitarnya, serta dini hari berawan banyak di wilayah Sumatera Utara

Sementara suhu udara, lanjutnya, berada pada kisaran 16 sampai 32 derajat Celsius, dengan kelembapan udara antara 60 – 98 persen dan angin berhembus dari Tenggara - Barat Daya dengan kecepatan 10 – 30 km/jam.

Baca juga: BBMKG Medan: waspadai hujan lereng barat dan timur di Sumatera Utara
 

Pewarta: Juraidi
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023