Hal ini sebagai bentuk kewaspadaan dan upaya mitigasi pencegahan penyebaran radikalisme
Palu (ANTARA) - Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Sulawesi Tengah Profesor Zainal Abidin menyatakan masyarakat, dalam kehidupan sosial keagamaan perlu mengenal ciri kelompok penganut radikalisme.

"Iya, hal ini sebagai bentuk kewaspadaan dan upaya mitigasi pencegahan penyebaran radikalisme," kata Zainal Abidin, di Palu, Jumat.

Zainal yang merupakan Rais Syuriah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menguraikan empat ciri penganut radikalisme, yakni pertama orang atau kelompok penganut radikalisme cenderung intoleran, tidak mau berbagi pendapat dengan orang atau kelompok lain.

Baca juga: BNPT nilai KAI perlu imunitas tinggi demi cegah ancaman radikalisme

Kedua, memiliki sikap dan perilaku yang eksklusif, yaitu membedakan diri dari kebiasaan orang banyak. Ketiga, memiliki sikap fanatik dan selalu merasa benar sendiri, menganggap orang lain salah, dan keempat sikap revolusioner dan cenderung menggunakan kekerasan untuk mencapai tujuan.

"Empat ciri ini perlu diketahui oleh masyarakat," ujar Zainal Abidin yang juga Ketua MUI Kota Palu.

Guru Besar UIN Datokarama Palu ini menjelaskan bahwa seseorang atau sekelompok orang menjadi radikal dan intoleran dipengaruhi oleh beberapa faktor, yakni pemikiran yang menganggap bahwa segala sesuatu harus dikembalikan ke agama/ideologi tertentu.


Baca juga: Pengamat: Jaringan sosial penting ditelusuri untuk cegah radikalisme
Kemudian, faktor ekonomi. Manusia ketika terdesak secara ekonomi, maka dapat melakukan berbagai cara termasuk melakukan teror. Faktor politik yang menganggap bahwa pemimpin harus memihak kepada kelompok tertentu, serta faktor sosial, pendidikan, dan faktor psikologis.

Maka, sebut dia, upaya menangkal radikalisme harus dilakukan dengan berbagai cara dan pendekatan melalui internalisasi nilai - nilai budaya dan kearifan lokal.

Upaya lainnya, kata dia, memberikan pemahaman kepada umat untuk membedakan substansi ajaran agama dengan manifestasi pelaksanaannya.

"Di samping itu mendorong umat beragama untuk mengedepankan persamaan, bukan perbedaan. Serta mendorong umat beragama untuk saling percaya dan tidak saling curiga dan menyalahkan," ungkapnya.

Baca juga: BNPT sebar pesan-pesan damai cegah intoleransi dan radikalisme
Ketua FKUB Provinsi Sulteng Profesor KH Zainal Abidin dan Ketua FKUB Kota Palu Ismail Pangeran di sela - sela penyuluhan moderasi beragama. (ANTARA/HO-Dok FKUB Palu)

Pewarta: Muhammad Hajiji
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023