Sumenep (ANTARA) - Sebanyak 80 wisatawan mancanegara (wisman) dari sejumlah negara mengunjungi Keraton Sumenep, salah satu objek wisata di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Jumat.

"Kedatangan wisman kali ini simbol kesiapan Sumenep untuk dikunjungi wisman maupun menjadi bagian dari agenda kunjungan biro wisata internasional," kata Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Sumenep, Moh Iksan di Sumenep.

Mereka yang berkunjung ke Keraton Sumenep itu merupakan wisman dari kapal pesiar "MV National Geographic Orion".

Kapal pesiar tersebut tiba di kawasan Pelabuhan Kalianget sekitar pukul 08.00 WIB.

Baca juga: Sumenep gaet wisatawan dengan festival paralayang

Setelah itu, rombongan wisman yang didominasi dari Amerika Serikat sebagaimana manifest penumpang kapal pesiar tersebut, naik bus ke Keraton Sumenep.

Begitu tiba di kawasan Keraton Sumenep, rombongan wisman disambut puluhan penari yang menampilkan Tari "Pangereng" dan kesenian tradisional, "Saronen", di depan "Labang Mesem", pintu masuk ke Keraton Sumenep.

Setelah berada di Pendapa Agung Keraton Sumenep, para wisman disambut Tari "Muang Sangkal" yang dibawakan oleh lima penari perempuan.

Baca juga: Disparibud Sumenep digitalkan pencatatan kunjungan wisatawan

"Kami sengaja menampilkan sejumlah atraksi seni Sumenep agar mereka tahu Sumenep memiliki seni dan budaya yang luar biasa," kata Iksan, menerangkan.

Selain itu, sejumlah kuliner khas Sumenep juga disuguhkan kepada rombongan wisman.

"Sejak beberapa waktu lalu pasca pandemi COVID-19, kami memang kembali mengintensifkan komunikasi dengan perwakilan biro wisata internasional agar mengagendakan kunjungan ke Sumenep. Kami siap menyambut wisman," demikian Moh Iksan.

Baca juga: Pantai Sembilan Sumenep mulai menarik wisatawan asing

Pewarta: Abd Aziz/ Slamet Hidayat
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023