Makassar (ANTARA News) - Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Musliar Kasim mengawal langsung pendistribusian naskah soal dan lembar jawaban Ujian Nasional (UN) 2013 untuk wilayah Provinsi Sulawesi Selatan, Barat, dan Tenggara.

"Saya mengantarkan soal untuk Sulsel, Sulbar, dan Sultra. Ini masih akan datang lagi menggunakan pesawat dari Halim (Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta), Mataram (Nusa Tenggara Barat), kemudian ke Makassar (Sulsel)," jelasnya saat dihubungi melalui telepon di Makassar, Rabu.

Ia mengatakan, seluruh naskah soal yang akan didistribusikan untuk penyelenggaraan UN di sejumlah kabupaten dan kota di wilayah Provinsi Sulsel, Sulbar, dan Sultra, tersebut akan tiba hari ini.

Sesuai petunjuk standar operasional penyelenggaraan, jika pendistribusian telah selesai dilakukan namun masih ada kekurangan soal, panitia daerah diperkenankan mengambil kebijakan dengan memperbanyak sesuai kebutuhan.

Menurutnya, hingga saat ini, distribusi soal ke daerah-daerah yang jauh, seperti Kabupaten Selayar, telah selesai. Jumlah soal untuk ujian SMA dan sederajat yang diantarkan langsung pada hari ini mencapai 308 koli. Diperkirakan pada pukul 24.00 WITA malam ini seluruh soal yang akan didistribusikan telah tiba.

Tidak meratanya pendistribusian soal pada UN tahun ini terjadi akibat kendala teknis di salah satu pihak percetakan.

Kemudian pada Minggu, 14 April 2013, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengumumkan perubahan jadwal ujian untuk pelaksanaan hari pertama dan kedua di sebelas provinsi di zona waktu Indonesia tengah.

Sebelas provinsi itu terdiri dari Kalimantan Selatan, Kalimatan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Gorontalo dan Sulawesi Barat.

Pewarta: Riesmawan Yudhatama
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013