Penampilan anak-anak cukup bagus. Instruksi di luar lapangan benar-benar diterapkan,"
Karawang (ANTARA News) - Persika Karawang mengawali laga perdana Kompetisi Divisi Utama LPIS 2013/2014 dengan buruk setelah kalah menghadapi Persipasi Bekasi dengan skor 0-1 di Stadion Singaperbangsa Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Rabu.

Tim tuan rumah dipermalukan Persipasi melalui gol yang diciptakan Rodrigue Wallace pada menit ke-11. Gol tunggal itu tercipta saat tendangan bebas Wallace dekat yang mengarah ke sudut kiri gawang tak mampu dijangkau penjaga gawang Persika, I Made Putrayana.

Skuat Persika berusaha membalas setelah tertinggal satu gol. Permainan dari kaki ke kaki diciptakan anak asuh Suimin Dihardja tersebut.

Beberapa kali serangan yang digencarkan anak-anak Persika mampu menembus barisan belakang Persipasi. Akan tetapi, akibat tumpulnya barisan depan, Persika tidak mampu membalas sepanjang 45 menit babak pertama.

Peluang manis terjadi pada menit ke-30. Pemain depan Persika, Afriansyah, yang sudah berhadapan dengan penjaga gawang tidak mampu menciptakan gol sebab terlalu lama memainkan bola di area kotak penalti lawan sampai akhirnya bola berhasil dihadang penjagawa gawang Persipasi, Pipik Suratno.

Memasuki babak kedua, tim tuan rumah terus meningkatkan serangan hingga beberapa kali mampu menembus barisan belakang tim lawan. Namun sayang, akibat tumpulnya barisan depan Persika, skor 0-1 untuk keunggulan tim tamu tak berubah.

Pelatih Persika Suimin Dihardja mengakui bahwa anak asuhnya terburu-buru dalam menampilkan permainan menghadapi Persipasi. Padahal diakuinya relatif cukup banyak peluang untuk tercipta gol dalam laga tersebut.

"Masih tumpulnya barisan depan Persika akan menjadi evaluasi kami agar ke depannya tidak terulang kesalahan pada laga perdana kali ini," katanya kepada pers usai pertandingan di Karawang, Rabu.

Ia mengakui bahwa masih banyak "pekerjaan rumah" yang harus dibenahi dalam skuat Persika agar penampilan Persika bertambah bagus ke depannya.

Manajer Persika Ali Mukadas Said mengaku bahwa dirinya puas atas penampilan anak-anak Persika sebab dalam persiapan yang terbatas, hanya tiga hari, mampu mengimbangi permainan yang ditampilkan Persipasi.

"Dengan kalah tipis dengan 0-1 menghadapi Persipasi, saya kira Persika sudah luar biasa karena persiapan skuat Persika ini hanya tiga hari," kata dia.

Asisten Pelatih Persipasi Asep Suryadi mengaku bahwa dirinya puas atas permainan yang ditampilkan anak asuhnya, sampai bisa mempermalukan tim tuan rumah.

"Penampilan anak-anak cukup bagus. Instruksi di luar lapangan benar-benar diterapkan," kata dia.

Akan tetapi, katanya, masih perlu dievaluasi barisan belakang Persipasi karena beberapa kali relatif cukup mudah ditembus tim lawan sampai membahayakan gawang timnya. (KR-MAK/D007)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013