Ajang Rinjani Color Run 2023 dan Samalas Fest diadakan sebagai salah satu upaya untuk semakin meningkatkan dunia pariwisata di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), yang belakangan ini semakin semarak dengan kegiatan-kegiatan olahraga dan hiburan bersk
Mataram (ANTARA) - LKBN ANTARA Biro Nusa Tenggara Barat (NTB) yang akan menggelar Rinjani Color Run 2023 serta Samalas Fest pada 26-27 Agustus 2023 di kawasan kaki Gunung Rinjani, mendapat dukungan dari salah satu perusahaan tambang tembaga dan emas terbesar di Indonesia, PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMMAN).

"Ajang Rinjani Color Run 2023 dan Samalas Fest diadakan sebagai salah satu upaya untuk semakin meningkatkan dunia pariwisata di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), yang belakangan ini semakin semarak dengan kegiatan-kegiatan olahraga dan hiburan berskala nasional dan internasional," kata Kepala LKBN ANTARA Biro NTB Riza Fahriza di Mataram, Jumat.

Ia mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk sumbangsih LKBN ANTARA Biro NTB untuk kemajuan dunia pariwisata di Pulau Lombok, yang diharapkan dapat menular ke Kabupaten lain di NTB.

“Salah satu unsur keunikan dalam kegiatan ini adalah peserta akan bisa menyaksikan konser musik dan kesenian tradisional pada 26 Agustus 2023. Konser dari grup musik grup musik nasional yaitu Stars and Rabbit, serta sejumlah grup musik dari Lombok," katanya.

Kemudian, pada 27 Agustus 2023, warga atau peserta juga akan diajak berlari santai dengan taburan bedak warna-warni yang dikenal Color Run. Dengan melintasi areal persawahan bawang merah dan bawang putih yang diapit Gunung Rinjani, Bukit Anak Dara dan Pergasingan.

Sementara itu, Vice President Social Impact AMMAN, Priyo Pramono, menjelaskan bahwa dukungan ini merupakan upaya pihaknya mendukung pengembangan pariwisata berkelanjutan di NTB.

AMMAN juga memberdayakan ekonomi lokal dengan menggandeng Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dari Kabupaten Sumbawa Barat yang dibina melalui berbagai program peningkatan kapasitas, dengan membuka booth di kegiatan ini.

“Upaya AMMAN dalam mendukung kegiatan ini adalah salah satu refleksi dari Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) yang senantiasa ditingkatkan untuk memperkuat tonggak pariwisata keberlanjutan dan penguatan ekonomi masyarakat di sekitar wilayah AMMAN beroperasi.

AMMAN juga berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kunjungan wisata turis ke NTB yang akan berdampak pada meningkatnya kesejahteraan masyarakat," katanya.

Rinjani Color Run 2023 ditargetkan akan diikuti oleh lebih dari 1.000 peserta yang berasal dari berbagai kalangan. Sedangkan Samalas Fest akan disaksikan oleh setidaknya 500 penonton.

Lokasi penyelenggaraan yang berada di wilayah penyangga Gunung Rinjani, yaitu Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, juga dapat menjadi magnet tersendiri bagi pehobi kegiatan olahraga alam bebas maupun pecinta wisata alam karena pemandangan alamnya yang sangat eksotik.

Baca juga: AMMAN komitmen terapkan prinsip ESG guna wujudkan transisi energi

Baca juga: Amman perkuat transformasi pertambangan tembaga

 

Pewarta: Riza Fahriza
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023