Jayapura (ANTARA) -
Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Provinsi Papua menyebutkan pada pekan Qris Nasional 2023, di mana mendorong pengembangan ekonomi keuangan digital dan keuangan inklusif sehingga mendukung stabilitas dan pertumbuhan yang berkelanjutan di seluruh tanah Papua.
 
Kepala Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Papua Juli Budiwinatya di Jayapura, Jumat,mengatakan dengan mengusung tema "Wujudkan Semangat 45, QRISnya Satu, Menangnya Banyak" pihaknya berupaya mengkampanyekan penggunaan QRIS di seluruh sektor.
 
"Kami menyelenggarakan Pekan QRIS Nasional (PQN) secara serentak di seluruh Indonesia khususnya di Papua guna memperluas implementasi QRIS baik dari sisi merchant maupun pengguna dan sebagai bagian dari implementasi Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia (BSPI) 2025," katanya.
 
Menurut Juli, adapun gelaran PQN di Papua tahun 2023 ini mengusung slogan “Kitong Pakai QRIS” dengan berbagai rangkaian kegiatan pertama, sosialisasi terkait penggunaan QRIS.

Selanjutnya  kebijakan QRIS terkini yang dilakukan kepada berbagai kalangan seperti Universitas Cenderawasih dan Universitas Musamus Merauke, Pimpinan Cabang Perbankan se-Papua, Nasabah Perbankan di Kabupaten Jayawijaya, dan Komunitas Kreatif Kota Jayapura.
 
"Kedua melakukan koordinasi dengan stakeholder guna mengakselerasi implementasi QRIS di lingkup Pemerintah Daerah juga dilakukan Bank Indonesia Papua berbagai pertemuan dan diskusi dengan beberapa pemda, diantaranya Pemkab Jayawijaya, Pemkot Jayapura, dan Pemkab Jayapura," ujarnya.
 
Dia menjelaskan ke empat pihaknya juga berupaya meningkatkan penggunaan QRIS di berbagai lini masyarakat melalui pelaksanaan kegiatan yang variatif dengan seperti kegiatan seperti QRIS Fun Walk 2023.

Lalu Program Nonton Bioskop Pakai QRIS dapat Voucher Belanja, serta pelaksanaan lomba untuk menggaet pengguna baru QRIS melalui kegiatan Papua Competition (QRIS PACE) 2023.
 
"Terakhir pada rangkaian PQN 2023 di Papua diakhiri dengan pelaksanaan kegiatan yang mengundang keramaian untuk memeriahkan seluruh kegiatan acara, seperti Pameran UMKM di Kabupaten Merauke dan Festival Pekan QRIS Nasional x Irian Creative Week 2023," katanya lagi.
 
Di menambahkan pihaknya berharap dengan pelaksanaan PQN ini dapat mempercepat perluasan akseptasi penggunaan QRIS sebagai transaksi pembayaran oleh masyarakat di Papua.

Baca juga: BI promosikan produk unggulan asal Tanah Papua

Baca juga: BI latih digitalisasi bagi 97 pengusaha UMKM di Papua

 

Pewarta: Qadri Pratiwi
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023