Jambi (ANTARA) -
Universitas Jambi (Unja) menggandeng Pemerintah Kabupaten Batanghari mengupayakan Desa Laboratorium Terpadu (DLT) guna mendukung aktivitas penelitian dan pengabdian masyarakat.
 
Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Sistem Informasi Unja Prof Rayandra Asyhar menjelaskan saat ini Unja gencar melaksanakan program Desa Laboratorium Terpadu (DLT) di Provinsi Jambi yang mana program ini sejalan dengan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).
 
Universitas Jambi memiliki program Desa Laboratorium Terpadu (DLT) kali ini bersama Pemerintah Kabupaten Batanghari melaksanakan pertemuan terkait DLT," katanya, Sabtu.
 
Pertemuan tersebut membahas terkait dengan program Desa Laboratorium Terpadu (DLT) dari Unja yang dapat dikolaborasikan dengan Pemerintah Kabupaten Batanghari untuk mendukung visi misi di Kabupaten Batanghari.
Sampai saat ini sudah ada beberapa desa di kabupaten se Provinsi Jambi yang melaksanakan program ini.
 
Program DLT ini berkenaan dengan penyiapan desa-desa yang saling berdekatan untuk digunakan dosen maupun mitra dalam melaksanakan aktivitas riset dan pengabdian masyarakat.
 
Prof Rayandra berharap jika DLT ini berjalan, hasil yang didapatkan adalah meningkatkan perekonomian masyarakat melalui aktivitas tersebut dengan cara pengolahan hasil pertanian, perkebunan dan perikanan yang ada di Kabupaten Batanghari.
 
Untuk sinkronisasi program dan sosialisasi DLT, Pemkab menyiapkan beberapa desa yang berdekatan yang bisa digunakan dosen atau mitra untuk melaksanakan berbagai aktivitas riset dan pengabdian masyarakat secara terpadu.
 
Menurut Prof Rayandra, Kabupaten Batanghari merupakan salah satu wilayah yang potensial, baik dari segi pertanian, perkebunan dan perikanan.
 
Asisten 1 Pemkab Batanghari Muhammad Rifai mengatakan bahwa pemkab mendukung program tersebut dan mengakui bahwa program DLT dari Unja selaras dengan program dan visi misi di Kabupaten Batanghari untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.
 
"Ini merupakan tindak lanjut dari dosen yang sebelumnya hanya berbentuk laporan dan ini ada program yang dapat berpengaruh untuk masyarakat. Sosial impact, mereka terpadu untuk menyelesaikan masalah ekonomi, pertanian, kesehatan dan lain," katanya.
 

Pewarta: Tuyani
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023