Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta uji emisi kendaraan dilakukan semakin masif sebagai salah satu upaya untuk mengurangi polusi di Ibu Kota DKI Jakarta dan sekitarnya.

"Saya minta terus uji emisi ini," kata Ma'ruf Amin di sela-sela kunjungan kerja ke Cirebon, Jawa Barat, sebagaimana dipantau melalui tayangan video di Jakarta, Sabtu.

Ma'ruf Amin menyampaikan salah satu masalah yang harus ditangani adalah sumber polusi itu sendiri yaitu emisi dari kendaraan bermotor. Namun, uji emisi saat ini belum terlalu berdampak dalam mengurangi polusi karena baru berjalan sebentar.

"Sekarang, uji emisi; tetapi ini belum berpengaruh karena baru lima persen, tentu belum berdampak," tambahnya.

Baca juga: Greeenpeace minta DKI terapkan zona emisi rendah di jalur padat

Oleh karena itu, Ma'ruf Amin mendorong seluruh pihak terkait untuk terus melakukan uji emisi.

Ma'ruf Amin juga mencermati polusi udara dipengaruhi dari kawasan industri, baik di Jakarta maupun di daerah sekitar ibu kota. Menurut dia, hal itu juga perlu segera diatasi.

"Selain itu, ada tambahannya itu, membuka ruang-ruang hijau, taman-taman, kemudian (pemberlakuan) WFH (bekerja dari rumah), ya, itu tambahannya. Tapi yang pokok tadi dua itu, transportasi kemudian (kawasan) industri itu yang paling (berdampak). Barangkali itu harus cepat diatasi," ujar Wapres Ma'ruf Amin.

Baca juga: Tilang uji emisi perlu dilakukan secara konsisten untuk kurangi polusi

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023