Jakarta (ANTARA) - Pengprov Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) DKI Jakarta untuk sementara meraih tiga medali masing-masing satu emas, perak, dan perunggu dari kualifikasi atau Pra-PON dan Kejurnas Balap Sepeda 2023 yang berlangsung di Lubuklinggau, Sumatera Selatan, Sabtu.

Berkekuatan 23 atlet di bawah usia 19 tahun, DKI Jakarta mampu unjuk gigi dalam ajang yang menjadi jalan menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 di Aceh-Sumatera Utara tersebut.

“Untuk babak kualifikasi PON dari Pengprov ISSI DKI mengirimkan atlet usia muda 16 sampai 19 tahun," kata Ketua Pengprov ISSI DKI Novian Herbowo dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Novian mengatakan, selain membidik tiket PON 2024, pebalap muda DKI turun untuk mendapatkan poin nasional. Untuk itu sebelum bertolak ke Lubuklinggau, atlet telah menjalani persiapan matang dengan menjalan pemusatan latihan yang didukung penuh KONI DKI Jakarta.

Baca juga: Menpora dijadwalkan buka kejurnas balap sepeda di Lubuklinggau 

"Sampai saat ini target medali di Kejurnas tercapai serta peringkat di babak kualifikasi PON melebihi yang ditargetkan. Posisi sementara DKI berada
di peringkat kedua," kata Novian.

Dengan berada di urutan kedua, tim Pelatda DKI mengalami perkembangan pesat berkat pemusatan latihan.

Adapun dua atlet ibu kota yang berhasil menyumbangkan medali yakni Shakila Aska Salsabila dan Maulana Astnan Al Hayat yang turun di kategori lomba jalan raya atau road race.
Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo (tengah) berfoto dengan tim ISSI DKI-Jakarta dalam Babak Kualifikasi atau Pra-PON dan Kejurnas Balap Sepeda 2023 yang berlangsung di Lubuklinggau, Sumatra Selatan, Sabtu (26/08/2023). (ANTARA/HO-ISSI DKI Jakarta)


Shakila Aska Salsabila berhasil mengoleksi dua medali yakni emas pada nomor individual road race putri dan medali perunggu pada nomor individual time trial putri.

Sementara Maulana Astnan menyumbang perak pada nomor individual time trial putra.

Shakila mengaku persaingan di Pra-PON dan Kejurnas Balap Sepeda 2023 sangat ketat. Dia harus berjuang untuk bisa berada di posisi terdepan.

Baca juga: Tour of Kemala 2023 digelar di Banyuwangi

Berkat strategi yang diterapkan tim pelatih, Shakila pun akhirnya sukses meraih emas di nomor individual road race.

"Saya dan teman-teman melaksanakan strategi dengan sempurna sehingga medali emas yang diinginkan bisa saya dapatkan di lomba individual road race," kata Shakila.

Dengan hasil tersebut, Shakila makin percaya diri menghadapi balapan pada ajang yang lebih besar lainnya. Target utamanya adalah menyumbang emas untuk DKI Jakarta pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 di Aceh-Sumatra Utara.

"Saya dan tim berharap bisa kerja lebih keras lagi dan lebih baik lagi di ajang PON yang akan datang agar bisa menyapu lebih banyak lagi medali emas," ujar Shakila.

Novian juga mengatakan selanjutnya ISSI DKI akan membuat strategi menuju PON 2024.

"Saya berterima kasih kepada KONI DKI Jakarta yang luar biasa dukungannya kepada adik-adik pelatda yang bukan hanya masa depan DKI tapi juga Indonesia," ujar Novian sembari mengatakan akan memberikan bonus kepada peraih medali dari Pra-PON dan Kejurnas 2023 itu.

Baca juga: Lavreysen klaim gelar juara lima kali beruntun di Kejuaraan Dunia

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Roy Rosa Bachtiar
Copyright © ANTARA 2023