Jakarta (ANTARA) - Beragam pemberitaan terpopuler selama sepekan terakhir mewarnai pemberitaan kanal humaniora dan warta bumi di antaranews.com pada tanggal 20-26 Agustus 2023.
 
Salah satunya adalah perubahan iklim telah memanaskan suhu permukaan bumi yang berdampak terhadap salju abadi atau tutupan es di Puncak Jaya, Papua.
 
Sepanjang tahun 2016 hingga 2022, laju penipisan es terjadi sekitar 2,5 meter per tahun. Adapun luas tutupan es pada tahun 2022 sekitar 0,23 kilometer persegi dan terus mengalami pencairan.
 
Berita populer selanjutnya adalah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) bersama Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA) mengadakan proyek kerja sama regional Tes Tidak Merusak atau NDT.

Tes itu merupakan uji coba pada sebuah objek penelitian yang melibatkan atom, seperti pabrik petrokimia atau pembangkit listrik dengan tidak merusak objeknya.

Berikut rangkuman pemberitaan terpopuler selengkapnya:
 
1. BMKG: Salju abadi Puncak Jaya cair, perubahan iklim mengkhawatirkan
 
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan kondisi ”salju abadi” atau tutupan es di Puncak Jaya, Papua, semakin mengkhawatirkan karena terus mengalami pencairan akibat dampak perubahan iklim.
 
Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan fenomena El Nino yang terjadi tahun ini berpotensi turut mempercepat kepunahan tutupan es dan realitas itu memiliki dampak besar bagi berbagai aspek kehidupan di Puncak Jaya.
 
Baca berita selengkapnya di sini.
 
 
2. 10.000 bibit pohon ditanam untuk hijaukan lahan kritis Bangka Belitung
 
Kepolisian Daerah Kepulauan Bangka Belitung melakukan kegiatan penanaman 10.000 bibit pohon untuk menghijaukan kembali lahan-lahan kritis di Kepulauan Bangka Belitung.
 
Kegiatan penanaman bibit pohon dilakukan di lahan kritis yang ada di area hutan, objek wisata, dan bekas tempat penambangan bijih timah di Kota Pangkalpinang serta Kabupaten Bangka, Bangka Tengah, Bangka Barat, Bangka Selatan, dan Belitung.
 
Baca berita selengkapnya di sini.
 
 
3. BPBA: 10 ruang di Pesantren Gontor Aceh Besar musnah terbakar
 
Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) menyebut sebanyak 10 ruangan yang terdiri dari sembilan ruang santri dan satu ruang guru di Pesantren Gontor, Kabupaten Aceh Besar musnah terbakar.
 
Sebanyak sembilan unit ruang tempat tinggal santri sekaligus pakaian, Al Quran, dan kitab hangus terbakar. Begitu juga dengan satu unit ruang dewan guru berserta isinya.
 
 
4. BPBD Probolinggo distribusikan air bersih ke sejumlah desa kekeringan
 
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Probolinggo mendistribusikan air bersih ke sejumlah desa yang mengalami kekeringan di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.
 
Berdasarkan data BPBD Probolinggo, sejumlah kecamatan yang rawan risiko kekeringan yakni Kecamatan Bantaran, Besuk, Gading, Kotaanyar, Kraksaan, Krucil, dan Sukapura.
 
 
5. BRIN-IAEA bahas peningkatan kapasitas SDM untuk Tes Tidak Merusak
 
Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA) bekerja sama dalam mengadakan pertemuan guna membahas peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) dalam pelaksanaan Tes Tidak Merusak (Non-Destructive Test/NDT).
 
Pertemuan tersebut diikuti oleh sejumlah delegasi dari 17 negara regional Asia-Pasifik, yaitu Indonesia, Bangladesh, China, Fiji, Korea Selatan, Laos, Malaysia, Mongolia, Myanmar, Nepal, New Zealand, Pakistan, Filipina, Singapura, Sri Lanka, Thailand, dan Vietnam.
 

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023