Probolinggo, Jawa Timur (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Probolinggo mendistribusikan air bersih ke sejumlah desa yang mengalami kekeringan di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

"Kami sudah mendistribusikan bantuan air bersih sebanyak 22.000 Liter di beberapa titik yang berada di Desa Sumberkare dan Desa Sumberkramat," kata petugas Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Penanggulangan Bencana BPBD Probolinggo Silvia Verdiana di Kabupaten Probolinggo, Senin.

Menurut dia petugas Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana mendistribusikan air bersih di Dusun Pelan Kerep, Desa Sumberkare di Kecamatan Wonomerto untuk digunakan sebanyak 450 kepala keluarga (KK) atau sebanyak 1.350 jiwa.

"Sedangkan air bersih di Dusun Krajan, Desa Sumberkramat, Kecamatan Tongas dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan warga sebanyak 48 KK atau 149 jiwa," tuturnya.

Baca juga: BPBD: Enam desa di Probolinggo menghadapi krisis air bersih

Baca juga: Wabup Probolinggo minta desa manfaatkan sumber air atasi kekeringan


Selain itu, lanjut dia, beberapa dusun yang mengalami kekeringan juga mendapat distribusi air bersih dari Pemerintah Provinsi dalam menghadapi bencana kekeringan tahun 2023.

Beberapa desa yang mendapat suplai air bersih di Desa Bulujaran Kidul, Kecamatan Tegalsiwalan sebanyak 6.000 liter untuk 50 KK atau 170 jiwa; kemudian Desa Sumberkare di Kecamatan Wonomerto sebanyak 11.000 liter untuk 450 KK atau 1.350 jiwa; dan Desa Liprak Kidul di Kecamatan Banyuanyar sebanyak 5.000 liter untuk 120 KK atau 400 jiwa.

Berdasarkan data BPBD Probolinggo, sejumlah kecamatan yang rawan risiko kekeringan yakni Kecamatan Bantaran, Besuk, Gading, Kotaanyar, Kraksaan, Krucil, dan Sukapura.

"Daerah risiko bencana kekeringan kelas sedang berada di Kecamatan Gading, Krucil, Kuripan, Leces, Lumbang, Sukapura, Sumber, Tiris, Tongas, dan Wonomerto," katanya.

Silvia mengimbau masyarakat untuk hemat menggunakan air dalam menghadapi ancaman El Nino yang diprediksi puncaknya pada Agustus-September 2023 yang berdampak pada kekeringan.

"Saya imbau masyarakat menggunakan air seperlunya, kemudian menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan sekitar agar sumber mata air tetap terpelihara dengan baik," ujarnya.

Baca juga: Desa kekeringan, BPBD Probolinggo-Jatim distribusikan air bersih
 

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023