"Dimana wilayah yang kesulitan air bersih di daerah ini, yang bisa kami bantu, kami bantu air bersih, bukan air minum,"
Mukomuko (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu mengerahkan empat unit mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) untuk mendistribusikan bantuan air bersih bagi warga daerah itu yang mengalami kesulitan air bersih.

"Kita membantu warga sepanjang yang tidak bersifat pribadi atau tidak sampai ke rumah-rumah, tetapi kita tentukan titik pelayanan," kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Mukomuko Ramdani di Mukomuko, Rabu.

Ia mengatakan hal itu berdasarkan hasil rapat dengan berbagai pihak guna membahas soal distribusi air bersih untuk warga yang mengalami kesulitan air bersih di Kantor Dinas Pemadam Kebakaran sejak beberapa hari yang lalu.

Seluruh petugas pemadam kebakaran yang tersebar di empat kecamatan di daerah ini diundang rapat terkait pelayanan air bersih untuk warga di wilayah ini.

Ia mengatakan, pelayanan air bersih untuk warga setempat yang sudah berjalan di wilayah Kecamatan Lubuk Pinang dan sekitarnya. Kalau di Kecamatan Penarik untuk kegiatan sosial seperti kematian.

"Dimana wilayah yang kesulitan air bersih di daerah ini, yang bisa kami bantu, kami bantu air bersih, bukan air minum," ujarnya pula.

Ia mengatakan, instansinya selain menginstruksikan petugas pemadam kebakaran di wilayah Kecamatan Ipuh dan Kecamatan Lubuk Pinang, termasuk Kecamatan Penarik, Kecamatan Kota Mukomuko.

Dari empat kecamatan tersebut, warga di wilayah Kecamatan Kota Mukomuko yang belum mengajukan bantuan air bersih kepada Dinas Pemadam Kebakaran.

Ia mengatakan, saat ini selain daerah ini sejak sebulan terakhir tidak pernah diguyur hujan, kondisi air bersih yang berasal dari PDAM Tirta Selagan sudah macet, sehingga membuat warga kesulitan air bersih.

Lebih lanjut, ia mengatakan, bagi warga setempat yang butuh pelayanan air bersih, instansinya akan memberikan bantuan, tetapi warga harus lapor kepada lurah dan kepala desa.
Baca juga: Petani Mukomuko gunakan pompa secara mandiri atasi kekeringan
Baca juga: BKSDA temukan banyak ikan mati di sungai di Mukomuko
Baca juga: DLH nilai kualitas air sungai di Mukomuko masih buruk

Pewarta: Ferri Aryanto
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2023