beasiswa ini nanti harus digunakan untuk membeli keperluan anak sekolah
Rejang Lebong, Bengkulu (ANTARA) - Anggota DPR RI asal Provinsi Bengkulu Dewi Coryati memperjuangkan 100.000 pelajar dalam 10 kabupaten/kota di wilayah itu bisa menerima beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) dari pemerintah pusat.

"Pelajar yang menerima beasiswa PIP ini mulai dari tingkat SD, SMP hingga SMA sederajat. Targetnya se-Provinsi Bengkulu sebanyak 100.000 pelajar," kata anggota Komisi X DPR RI Dewi Coryati saat berkunjung ke Rejang Lebong, Minggu.

Dia menjelaskan dari kuota sebanyak 100.000 pelajar se-Provinsi Bengkulu yang diperjuangkannya melalui aspirasi anggota DPR RI tersebut yang sudah terjaring pada pendaftaran tahap pertama sampai akhir Agustus ini mencapai 60.000 pelajar.

Sedangkan untuk 40.000 pelajar lagi, kata dia, akan dilakukan penjaringan dan pendaftaran tahap kedua yang akan dilaksanakan mulai September hingga akhir tahun mendatang.

Baca juga: Brando Susanto hadirkan PIP bagi ratusan anak kurang mampu di Jakarta
Baca juga: 3.175 siswa kurang mampu Kaltara nominasi penerima beasiswa pip 


Menurut dia, kalangan pelajar yang mendapat beasiswa PIP itu hanya bisa dibantu adalah pelajar yang layak menerimanya tetapi belum memiliki kesempatan yakni pelajar yang belum memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP), karena pelajar yang sudah memiliki KIP maka akan dapat beasiswa KIP reguler.

​​​​Beasiswa PIP ini sendiri besaran yang diterima masing masing pelajar dalam satu tahunnya yaitu Rp450 ribu untuk pelajar SD, kemudian Rp750 ribu untuk SMP dan tingkat SMA sederajat Rp1 juta.

"Beasiswa ini nanti harus digunakan untuk membeli keperluan anak sekolah, tidak boleh digunakan untuk yang lain," tegas dia.

Sementara itu untuk Kabupaten Rejang Lebong sendiri, tambah dia, pelajar daerah itu yang sudah terdaftar di tahap pertama sebanyak 8.807 pelajar, jumlah ini terbanyak kedua setelah Kota Bengkulu sebanyak 11.206 pelajar dan terbanyak ketiga di Kabupaten Bengkulu Selatan sebanyak 6.880 pelajar.

Baca juga: Komisi X DPR salurkan beasiswa PIP untuk 200 siswa SDN Bojolungkur
Baca juga: UIN Palu seleksi 400 mahasiswa daftar beasiswa KIP Kuliah
Baca juga: Rachmat Gobel serahkan beasiswa PIP bagi 1.100 siswa Gorontalo Utara

Pewarta: Nur Muhamad
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023