Semoga Tanjungpinang menjadi favorit wisatawan yang dirindukan....
Tanjungpinang (ANTARA) - Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad menyebut agenda pariwisata Tanjungpinang Fest 2023 menjadi daya tarik wisata dan peluang usaha bagi warga setempat.

Menurut Ansar, kegiatan yang berlangsung sejak tanggal 24 hingga 27 Agustus 2023 ini disambut antusias warga Kota Tanjungpinang.

"Apalagi pada malam ini, warga sangat ramai datang untuk memeriahkan acara ini," kata Gubernur Ansar pada malam puncak Tanjungpinang Fest 2023, di Jalan Merdeka, Tanjungpinang, Minggu (27/8) malam.

Tanjungpinang Fest 2023 diselaraskan dengan ajang Festival Kopi Merdeka, Gebyar Melayu Pesisir, dan Festival Budaya.

Acara ini diisi dengan berbagai pertunjukan seni dan budaya untuk menghibur warga Tanjungpinang.

Selain itu, digelar pula bazar produk UMKM lokal, mulai dari stan kopi, kuliner hingga aksesoris khas Tanjungpinang.

"Acara ini berdampak pada peningkatan ekonomi pelaku UMKM, karena produk mereka cukup banyak diburu pembeli," ujar Ansar.

Ansar mendukung penuh agar agenda seperti ini dapat terus dilaksanakan ke depannya, sehingga Tanjungpinang dapat menjadi kota tujuan destinasi wisata.

Ia juga mengajak warga bersama-sama mendorong perkembangan wisata, seni budaya, musik, dan industri kreatif di Tanjungpinang.

"Semoga Tanjungpinang menjadi favorit wisatawan yang dirindukan," ujar Ansar.

Sekretaris Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Oneng Setya Harini menjelaskan bahwa Tanjungpinang Fest merupakan kegiatan kolaborasi yang luar biasa.

Apalagi Tanjungpinang Fest ini salah satu ajang yang masuk dalam Kharisma Event Pariwisata (KEN). Pada tahun 2023 ini ada 800 daerah yang mengusulkan namun hanya 100 kegiatan yang dapatkan dilaksanakan.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Tanjungpinang yang telah menjadi tuan rumah (pelaksana) kegiatan pariwisata yang baik. Tanjungpinang memiliki potensi luar biasa mulai dari alam, budaya, dan kreativitas pelaku seninya. Semoga kegiatan ini dapat mendorong ekonomi masyarakat," katanya pula.

Lebih lanjut Oneng berharap melalui momentum acara Tanjungpinang Fest 2023 ini, para pelaku seni budaya, ekonomi kreatif dan stakeholder yang lain dapat menampilkan eksistensi dan meraih apresiasi di tengah masyarakat.

"Kegiatan seperti ini dapat lebih banyak diadakan untuk meningkatkan kunjungan wisata di Tanjungpinang," katanya pula.
Baca juga: Festival Zapin Penyengat digelar Lantamal IV Tanjungpinang
Baca juga: Festival Budaya Tionghoa 2023 kembali digelar di Kota Tanjungpinang

Pewarta: Ogen
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023