Jakarta (ANTARA/JACX) – Sebuah tanda bukti pembayaran penggantian nomor ID pelanggan PLN beredar di media sosial.

Tanda bukti terima uang sebesar Rp400.000 tersebut diklaim resmi dari PLN sebagai biaya operasional penggantian nomor ID pelangan.

Dalam tanda bukti pembayaran tersebut, terdapat cap PLN di pelaksananya. Selain itu, terdapat logo PLN di kanan atas tanda terima tersebut.

Namun, benarkah PLN adakan penggantian ID pelanggan?

Unggahan hoaks yang mampilkan kuitansi bayar nomor ID pelanggan PLN. Faktanya, PLN tidak pernah menawarkan jasa layanan    ke pelanggan seperti penjualan box kWh meter atau penggantian ID, dengan transaksi pembayaran langsung di rumah. (WhatsApp)
Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran ANTARA, kuitansi bukti tanda pembayaran penggantian nomor ID pelanggan tersebut tidak resmi dari PLN. PLN tidak pernah menawarkan jasa layanan ke pelanggan seperti penjualan boks kWh meter atau penggantian ID, dengan transaksi pembayaran langsung di rumah, dilansir dari laman Facebook resmi PLN Jatim.

PLN mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap segala bentuk penipuan mengatasnamakan PLN. Jika masyarakat menemukan oknum yang mengaku petugas PLN dan meminta pembayaran di tempat, jangan ragu untuk melaporkannya melalui aplikasi PLN Mobile.

Klaim: Kuitansi penggantian ID pelanggan PLN

Rating: Hoaks 

Cek fakta: Hoaks! Token listrik gratis PLN lewat aplikasi

Cek fakta: Hoaks! Akun Instagram karir PLN

Baca juga: Pelanggan "home charging" PLN di Jawa Barat tumbuh 198 persen

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2023