Alhamdulillah, anugerah maupun penghargaan yang kita peroleh ini akan memicu kita semua untuk bekerja lebih baik lagi dalam mengembangkan desa pariwisata yang ada di Kota Sabang
Banda Aceh (ANTARA) - Desa Wisata Gampong Iboih, Kota Sabang, Aceh, meraih rekor Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) sebagai Desa Wisata dengan populasi lumba-lumba terbanyak, yang diserahkan dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023.

Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi, Senin, mengatakan ada dua gampong di Pulau Weh itu yang meraih prestasi nasional dalam ADWI 2023 yakni Gampong Iboih dan Aneuk Laot. Hal ini diharapkan menjadi pemicu untuk bekerja lebih baik lagi guna meningkatkan perekonomian masyarakat desa.

"Alhamdulillah, anugerah maupun penghargaan yang kita peroleh ini akan memicu kita semua untuk bekerja lebih baik lagi dalam mengembangkan desa pariwisata yang ada di Kota Sabang," kata Reza di Kota Sabang.

Piagam penghargaan diserahkan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno kepada Sekretaris Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Suhaimi beserta Keuchik Iboih Iskandar dan Pj Wali Kota Sabang dalam acara bersama 75 besar ADWI 2023 di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta.

Desa wisata Iboih merupakan satu dari 14 desa wisata di Indonesia yang mendapat penghargaan rekor MURI 2023. Desa wisata Iboih juga didaulat sebagai juara satu kategori kelembagaan dan CHSE, sedangkan Desa wisata Aneuk Laot juga mendapat juara harapan kategori suvenir.

Reza mengatakan, lumba-lumba yang menjadi rekor MURI tersebut merupakan salah satu daya tarik dan menjadi atraksi wisata yang cukup terkenal di Iboih, pulau paling barat Indonesia itu.

Menurut dia, lumba-lumba itu telah lama menetap di Pulau Weh, bahkan sudah dianggap sebagai biota laut dengan istilah pemegang Kartu Tanda Penduduk atau "ber-KTP" Sabang.

Maka, dia berharap, ke depan akan banyak potensi desa wisata Sabang yang semakin berkembang dan maju dalam berbagai aspek, sehingga mampu meningkatkan perekonomian masyarakat dan menjadikan Sabang sebagai objek wisata Indonesia yang semakin terkenal.

"Dengan semua anugerah dan penghargaan yang kita dapatkan ini, semoga akan memotivasi kita semua untuk terus meningkatkan layanan, kualitas atraksi dan membenahi apa yang ada di desa,” katanya.

Sehingga, lanjut dia, turis akan semakin banyak yang menyambangi Sabang, semakin nyaman dan tentu akan dapat lebih meningkatkan perekonomian masyarakat desa.

Baca juga: Menparekraf resmikan Desa Iboih sebagai desa wisata terbaik

Baca juga: Sandiaga Uno: Spot Snorkling Desa Wisata Iboih kualitas premium

Baca juga: Disparbud Sabang : Iboih lokasi penyelaman favorit

 

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023