Solo (ANTARA) -
Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menambah lima guru besar di bulan Kemerdekaan Agustus 2023.
 
Sekretaris Senat Akademik UNS Ari Handono Ramelan di Solo, Jawa Tengah, Senin mengatakan lima guru besar tersebut berasal dari berbagai fakultas, yakni Fakultas Teknik, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Pertanian, serta Fakultas Kedokteran.
 
Ia mengatakan untuk pengukuhan guru besar akan dilakukan pada Selasa (29/8). Lima guru besar tersebut salah satunya Dominicus Danardono Dwi Prija Tjahjana yang merupakan guru besar ke-268 UNS dan ke-23 Fakultas Teknik.
 
Dominicus akan dikukuhkan sebagai guru besar bidang Ilmu Energi Angin. Selain Dominicus, dosen lain dari Fakultas Teknik yang juga dikukuhkan sebagai guru besar yakni Istijabatul Aliyah yang dikukuhkan sebagai guru besar bidang Ilmu Perencanaan Wilayah Kota.

Baca juga: UNS tambah empat guru besar di berbagai bidang

Baca juga: Sembilan Guru Besar UNS mendaftar jadi bakal calon rektor 2023-2028

 
Ia mengatakan Istijabatul Aliyah merupakan Guru Besar ke-271 UNS dan ke-24 Fakultas Teknik.
 
Selanjutnya, Susilaningsih yang akan dikukuhkan sebagai Guru Besar bidang Ilmu Pendidikan Kewirausahaan pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Susilaningsih akan menjadi guru besar ke-269 UNS dan ke-69 FKIP.
 
"Dari Fakultas Pertanian ada Prof Mujiyo yang akan menjadi guru besar ke-270 UNS dan ke-40 Fakultas Pertanian," katanya.
 
Ia mengatakan Mujiyo akan dikukuhkan sebagai guru besar bidang Ilmu Pedologi dan Survei Tanah pada Fakultas Pertanian.
 
Dari Fakultas Kedokteran ada Ida Nurwati yang dikukuhkan dalam bidang Ilmu Akupunktur Medik pada Fakultas Kedokteran (FK). Ida Nurwati merupakan Guru Besar ke-272 UNS dan ke-47 FK.
 
Ia berharap dengan penambahan lima guru besar baru tersebut akan makin menguatkan UNS menuju World Class University (WCU).
 
"Semoga juga dapat memotivasi dosen-dosen lain untuk segera menjadi guru besar. Harapannya lima guru besar ini mampu meningkatnya mutu UNS sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) berkelas dunia," katanya.

Baca juga: Guru Besar UNS sebut Indonesia berpeluang kuasai teknologi

Baca juga: Guru Besar UNS: Sinergi PT dan dunia industri ciptakan SDM unggul


 

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023