Jakarta, (ANTARA News) - Pemerintah Korea Selatan menyarankan agar Indonesia memperkuat industri perkapalan dengan menambah galangan kapal.

"Pemerintah Korsel melalui Menteri Perdagangan, Industri, dan Energi Republik Korea Selatan Yoon Sang-jick memberikan saran jika industri perkapalan Indonesia ingin cepat berkembang, maka harus ada yang bertanggungjawab untuk mengembangkan industri galangan kapal," kata Menteri Perindustrian MS Hidayat di Jakarta, Jumat.

Menurut dia, potensi Indonesia di industri perkapalan sangat besar karena Indonesia merupakan negara kepulauan.

"Mereka kasih saran, kalau mau cepat sukses, lebih baik industri perkapalan itu ada satu perusahaan besar milik pemerintah maupun swasta yang nanti ditugasi secara penuh untuk membangun industri itu," kata Hidayat.

Indonesia belum lama ini memesan kapal selam dari negeri ginseng tersebut. "Baru saja kita memesan 3 kapal selam dari Korsel," imbuhnya.

Hidayat mengatakan investasi untuk industri galangan kapal akan diberikan di tiga lokasi incharge. "Kita bikin cluster, di Lamongan, dan di P. Batam, selain di Jakarta," kata dia.

Sebelumnya, pemerintah menargetkan dengan adanya perundingan Kesepakatan Kemitraan Ekonomi Menyeluruh Indonesia-Korea Selatan (IK-CEPA), investasi yang akan masuk dari Korsel mencapai 50 miliar dolar AS.

Pewarta: Azis Kurmala
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013