Seri produk NK dan NKE terbaru menghadirkan pompa "end-suction" dengan standar baru dari sisi efisiensi energi, konektivitas, dan daya tahan

Jakarta, Indonesia (ANTARA/PRNewswire)- Ketika solusi pintar semakin dibutuhkan untuk membangun kota yang lebih terkoneksi, berdaya tahan, dan berkelanjutan, Grundfos, pemimpin global di segmen solusi pompa canggih dan teknologi air, hari ini meluncurkan seri produk NK dan NKE terbaru di Indonesia. Pompa long-coupled end-suction terbaru ini memiliki efisiensi energi yang terbaik di industri. Lebih lagi, seri produk premium NKE memanfaatkan teknologi pintar sehingga mudah digunakan, dilengkapi fitur pemantauan, serta dilengkapi konektivitas yang kian optimal.

Sebagai salah satu wilayah yang paling terdampak risiko iklim[1], negara-negara Asia semakin mengutamakan aspek keberlanjutan di sektor lingkungan binaan (built environment). Sektor ini berkontribusi hampir seperempat dari konsumsi energi dan emisi karbon yang berkaitan dengan energi[2]. Kota pintar juga kerap mengandalkan teknologi pintar, sebab teknologi pintar lebih efisien dalam penggunaan sumber daya, seperti energi dan air. Menyadari manfaat tersebut, Indonesia pun merencanakan pembangunan ibu kota baru—Nusantara—sebagai kota pintar yang rendah karbon guna mendorong pertumbuhan berkelanjutan[3], serta berkontribusi terhadap komitmen pencapaian emisi nol karbon pada 2060[4].

Pompa multifungsi berperan penting dalam berbagai jenis aplikasi, termasuk sistem pendingin dan pemanas di gedung komersial. Maka, Grundfos melansir seri NK dan NKE terbaru dengan fitur-fitur yang lebih optimal. Seri produk tersebut melengkapi portofolio solusi pengolahan air Grundfos yang hemat energi. Dengan demikian, pelanggan memperoleh solusi yang sangat efisien secara lengkap pada setiap level.

Segera memenuhi kebutuhan efisiensi masa depan

Seri produk NK dan NKE terbaru menawarkan efisiensi energi yang terbaik di industri sebagai kinerja standar. Setiap pompa dirancang dengan standar IE3 sehingga menghemat konsumsi energi dan biaya operasional, serta melampaui seluruh standar regulasi saat ini.

Dengan kendali dan efisiensi yang kian optimal, seri NKE yang bertaraf premium mampu beroperasi dengan efisiensi IE5 tertinggi. Kinerja ini tercapai berkat fitur pintar, seperti motor MGE dengan magnet permanen dan terintegrasi, dilengkapi variable frequency drive dan sensor tekanan bawaan (built-in pressure sensor). Sederet fitur ini bekerja sama mendeteksi dan mengatur tekanan dan aliran air secara intuitif, memastikan kondisi optimal selama 24/7.

Dengan komponen pintar yang secara langsung terdapat pada solusi ini, NKE tidak lagi memerlukan komponen eksternal apa pun, seperti alat pengendali, frequency-converter, dan sensor, yang berpotensi memperumit proses dan menambah biaya.

Sistem kendali dan pemantauan pintar yang mudah digunakan

Memadukan konektivitas cloud dan digitalisasi, seri NKE juga dapat dipantau dari jarak jauh dan diakses pada sistem. Maka, sistem kendali pintar kian mudah digunakan. Hasilnya, seri NKE pun kompatibel dengan sistem otomatisasi gedung dan manajemen gedung masa kini.

Pengguna dapat memantau, mengendalikan, serta menyusun jadwal penggunaan air dari ponsel pintar lewat aplikasi Grundfos GO REMOTE, tersedia untuk sistem operasi iOS dan Android. Mampu bekerja kapan saja ketika berada dalam jangkauan, NKE turut menghemat kebutuhan tenaga kerja dan biaya operasional.

Pengguna juga mudah mengakses sistem diagnostik pompa, membuat, dan mengirim laporan dalam bentuk surel secara langsung di lokasi kerja dari aplikasi tersebut. Hal ini menjamin setiap kendala operasional cepat tertangani, mengurangi terhentinya kegiatan operasional yang tidak diperlukan dan biaya pemeliharaan, serta memperpanjang siklus pemakaian pompa end-suction.

Dirancang agar dapat dipakai dalam jangka panjang

Selain efisiensi canggih dan pembaruan pintar (intelligent upgrade), aspek teknis dari seri NK dan NKE terbaru juga mengalami peningkatan signifikan demi memaksimalkan reliabilitas dan daya tahan. Dengan demikian, pompa dapat dipasang, dioperasikan, dan dirawat secara lebih mudah.

Grundfos memanfaatkan proses produksi tunggal demi mencegah dimensi produk yang tidak sesuai, serta membuat penyekat (seal) dan laher (bearing) yang lebih awet. Pompa ini juga memiliki hidraulis yang kian optimal, mendukung efisiensi kondisi aliran air. Desain pompa yang baru juga mempermudah pengguna mengakses penyekat mekanis tanpa mengganti atau mengganggu komponen lain. Peningkatan lain pada seri ini mencakup tingkat kebisingan yang lebih minim, serta rentan suhu yang kian tinggi.

Kenth Hvid Nielsen, Regional Managing Director, Commercial Buildings, Asia Pasifik, Grundfos, berkata, "Urbanisasi pesat, peralihan demografi, serta perubahan iklim di Indonesia mendorong kebutuhan akan solusi yang lebih pintar dan berkelanjutan untuk membangun kota-kota masa depan yang semakin berdaya tahan. Grundfos menjadi perusahaan pertama pada kategori solusi pengolahan air yang meraih validasi lengkap atas target nol karbon 2050 dari Science-Based Targets initiative (SBTi). Maka, kami bangga melansir seri produk NK dan NKE terbaru ini. Kedua seri produk ini tidak hanya berkontribusi dalam pembangunan kota pintar di Indonesia, namun juga sejalan dengan komitmen iklim Grundfos. Lewat seri produk terbaru ini, kami ingin menghadirkan solusi pompa lain yang lebih berkelanjutan, efisien, dan hemat biaya, serta didukung proses kerja yang kian cepat dan layanan lokal di Indonesia."

Informasi lebih lanjut tentang seri NK dan NKE terbaru dari Grundfos tersedia di: https://product-selection.grundfos.com/id/products/nk-nke-nke-series-2000-nk-bare-shaft?tab=explore&b=123.

Tentang Grundfos

Grundfos menjadi pionir yang menghadirkan solusi untuk menjawab tantangan pengelolaan air dan iklim dunia, serta meningkatkan kualitas hidup manusia. Sebagai produsen solusi pompa dan air yang terkemuka di dunia, Grundfos berkomitmen menghargai, melindungi, dan meningkatkan aliran air dengan menyediakan solusi dan sistem yang hemat energi dan air untuk berbagai jenis aplikasi pengelolaan air, industri, dan gedung. Informasi lebih lanjut tersedia di grundfos.com.



[3] ASEAN Briefing (Januari 2022). Indonesia Passes Bill to Build New Capital City.

[4] International Energy Agency (September 2022). An Energy Sector Roadmap to Net Zero Emissions in Indonesia.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023