Beijing (ANTARA) - China mengusulkan delapan langkah untuk menjamin ketahanan pangan nasional, termasuk memperkuat sistem ketahanan pangan negara dan pengembangan kapasitas, meningkatkan dukungan untuk perlindungan pertanian, dan mempercepat pembangunan sistem sirkulasi dan industri pangan modern. 

Laporan Dewan Negara China itu tentang upaya untuk menjamin ketahanan pangan nasional itu telah diserahkan kepada sesi kelima Komite Tetap Kongres Rakyat Nasional ke-14, badan legislatif tertinggi di China, untuk dibahas pada Senin (28/8).

Laporan tersebut menguraikan bahwa sejumlah upaya akan dilakukan guna menerapkan strategi penggunaan lahan pertanian yang berkelanjutan dan penerapan teknologi pertanian yang inovatif demi meningkatkan produktivitas lahan pertanian.

Dalam beberapa tahun terakhir, produksi pangan China telah mengalami pertumbuhan yang stabil, dengan pasokan pasar yang memadai dan operasi yang secara umum stabil.

Kemampuan negara tersebut untuk mencegah dan meredakan risiko serta tantangan besar telah meningkat, dan level ketahanan pangannya telah meningkat secara signifikan, papar laporan tersebut.

Produksi biji-bijian tahunan China telah mencapai 650 miliar kg selama delapan tahun berturut-turut. Tahun lalu, total produksi biji-bijian negara itu mencapai 686,55 miliar kg, dan pasokan makanan per kapitanya adalah 486,1 kg, jauh di atas ambang ketahanan pangan yang diakui secara internasional yakni 400 kg, demikian menurut laporan tersebut. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Desi Purnamawati
Copyright © ANTARA 2023