Lampung Selatan (ANTARA) - Polres Lampung Selatan di Provinsi Lampung meninjau tempat penyimpanan logistik Pilkades serentak di Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa setempat, guna memastikan persiapan pesta demokrasi itu berjalan aman dan demokratis dan memastikan penyalurannya terlaksana secara baik.

Kepala Polres Lampung Selatan, AKBP Yusriandi Yusri, mengatakan, pengecekan seluruh logistik itu mulai dari bilik suara sampai ATK untuk perlengkapan penyelenggaraan Pilkades serentak gelombang II tahun 2023.

"Tinggal menunggu surat suaranya dan kita pastikan dalam waktu dekat sarana ini bisa kita dorong ke kecamatan. Sehingga, kecamatan dan desa bisa langsung segera mempersiapkan segala sesuatunya yang akan digunakan," kata dia, dalam keterangannya di Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung, Selasa.

Baca juga: Bupati tinjau dan pastikan Pilkades Serentak di Nunukan aman

Ia juga mengatakan, persiapan Pilkades serentak yang akan diselenggarakan pada 31 Agustus nanti terpantau sudah mendekati 100 persen. Polisi, kata dia, terus mengawal dan mengamankan pendistribusian logistik Pilkades yang akan di selenggarakan se-Kabupaten Lampung Selatan.

"Sudah kami siapkan personil. Baik itu (pendistribusian) dari PMD, Kecamatan, Desa dan daerah kepulauan, sudah kami bentuk tim dan personil untuk mengamankan pergeseran sarana dan prasarana untuk Pilkades serentak," katanya.

Baca juga: DPMD Penajam petakan desa potensi konflik dalam pelaksanaan pilkades

Ia mengimbau agar pihak panitia untuk dapat menyiapkan tempat khusus agar tidak terjadi kerusakan, karena logistik barang ini mudah terbakar atau basah.

"Untuk ini, kami akan pastikan kembali agar sarana yang ada harus lebih dijaga supaya terhindar dari kebakaran dan kehujanan yang menyebabkan logistik menjadi rusak, sampai nanti pemungutan suara dan perhitungan suara," ujarnya.

Ia mengajak untuk seluruh calon kades dan pendukung kades serta masyarakat, dapat bersama-sama mensukseskan Pilkades 2023 yang akan datang.

Baca juga: Bupati Bandung Barat harap Pilkades 2023 tumbuhkan kedewasaan politik

"Insha Allah, mudah-mudahan kegiatan Pilkades serentak ini dapat berjalan dengan sukses, damai dan lancar. Kami sangat mohon dukungan dari semua pihak," ujar dia lagi.

Sementara itu, Kepala Dinas PMD Kabupaten Lampung Selatan, Erdiyansyah, mengatakan, logistik Pilkades Serentak itu, dijadwalkan mulai didistribusikan hari ini.

"Jadi, logistik kami upayakan mulai dikirimkan hari ini. Kami minta, sediakan tempat penyimpanan yang aman sehingga logistik tetap terjaga dan tidak rusak. Ini akan didistribusikan ke kecamatan, jadi desa yang mengambil kesana. Khusus untuk kotak suara dan surat suara paling cepat diambil H-1 hari pencoblosan," katanya.

Pewarta: Riadi Gunawan
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2023