Kota Probolinggo, Jawa Timur (ANTARA) - Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin menerima penghargaan Green Leadership
​​​​​Nirwasita Tantra peringkat kedua kategori kota sedang yang diberikan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya di Gedung Manggala Wanabakti KLHK, Jakarta, Selasa.

"Green Leadership merupakan kepemimpinan dengan perspektif lingkungan," kata Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya dalam keterangan tertulis yang diterima di Kota Probolinggo.

Baca juga: Menteri LHK Mewisuda 207 Peserta Didik Green Leadership Indonesia Angkatan Ke-2

Menurutnya, pimpinan daerah yang mendapat penghargaan itu dinilai memiliki semangat, proaktif, penuh inisiatif dan kreatif terhadap kepentingan orang banyak dan alam semesta, juga memiliki visi pada keseimbangan antara daya topang ekologi dan pembangunan, fisik maupun nonfisik.

"Kepemimpinan model itu juga mengedepankan kepentingan rakyat dalam hal akses tiap sumber daya yang ada, dan selanjutnya memformulasi kebijakan ramah lingkungan sekaligus berpihak pada kepentingan rakyat," tuturnya.

Ia menjelaskan salah satu peran penting pemerintah adalah memberikan akses bagi warga negara untuk sejahtera. Kebijakan dan langkah yang dilakukan akan tetap dapat menjaga stabilitas dan keteraturan dan dengan tetap menyiapkan kondisi-kondisi dimana warga negara tetap mendapatkan hak-haknya, seperti hak untuk sehat dan produktif dalam rangka citizenship.

Karena itulah, berdasarkan kriteria tersebut, Wali Kota Probolinggo yang biasa disapa Habib Hadi dianggap layak menerima penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra tersebut.

Nirwasita Tantra adalah penghargaan dari pemerintah yang diberikan kepada Wali Kota Habib Hadi atas kepemimpinannya dalam merumuskan dan menerapkan kebijakan, dan program kerja sesuai dengan prinsip metodologi pembangunan berkelanjutan, sehingga kebijakan itu dinilai mampu memperbaiki kualitas lingkungan hidup di daerahnya.

Kemudian, penghargaan pada Ketua DPRD Kota Probolinggo diberikan karena dianggap mampu menyerap dan mengartikulasikan kepentingan masyarakat dalam pembuatan peraturan daerah, serta menjalankan otoritas fungsi legislatif dalam meningkatkan kinerja lingkungan hidup dan pengelolaan SDA yang berkembang di daerah.

Baca juga: Gubernur dan Ketua DPRD Sumbar terima penghargaan "Green Leadership"

Baca juga: Perusahaan Indonesia raih Green Leadership Award di Taiwan


Sementara itu, Wali Kota Probolinggo Habib Hadi mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada masyarakat Kota Probolinggo atas perannya dan penghargaan itu merupakan bukti kinerja yang baik dalam hal pengelolaan lingkungan hidup di Kota Probolinggo.

"Mudah-mudahan prestasi yang telah kami raih menjadi semangat untuk terus memberikan karya terbaik untuk Kota Probolinggo," katanya.

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023