yang ber-KTT di ASEAN mungkin bisa 'extend' untuk datang ke Yogyakarta karena di sini kita bisa 'healing' sekaligus 'refreshing'
Yogyakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno bakal mengajak para delegasi KTT Ke-43 ASEAN di DKI Jakarta untuk menyempatkan mengunjungi destinasi wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Saya sampaikan bahwa yang ber-KTT di ASEAN mungkin bisa 'extend' untuk datang ke Yogyakarta karena di sini kita bisa 'healing' sekaligus 'refreshing'," kata Sandiaga kepada awak media di Yogyakarta, Selasa.

Menurut Sandiaga, langkah untuk mengajak para delegasi KTT ASEAN berkunjung ke Yogyakarta karena banyak destinasi wisata yang menarik.

Selain itu, Yogyakarta juga memiliki kualitas udara yang bagus dibandingkan di DKI Jakarta yang ditunjukkan dengan indeks kualitas udara di angka 30.

"Yogyakarta ini salah satu destinasi yang luar biasa karena dari kualitas udara, waktu berangkat dari Jakarta di atas 150 berarti tidak baik atau tidak sehat sampai di Yogyakarta sekitar 30 merupakan kondisi udara yang sangat baik," kata dia.

Baca juga: Sandiaga upayakan penerbangan langsung YIA ke Australia 

Baca juga: Menparekraf minta tingkatkan layanan pariwisata di Kepulauan Togean

Dengan berwisata ke Yogyakarta, Menparekraf meyakini para delegasi KTT ASEAN bakal mampu menghilangkan penat tanpa mengeluarkan ongkos yang mahal.

"Sekaligus juga kita bisa benerin 'feeling' tanpa kantong kering apalagi kepala pening. Itu dia Yogyakarta yang selalu 'ngangenin'," kata dia.

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-43 Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) akan diselenggarakan pada 5-7 September 2023 di Jakarta.

Berbeda dengan KTT Ke-42 di Labuan Bajo yang diselenggarakan pada Mei 2023, KTT Ke-43 ASEAN di Jakarta pada September 2023 tidak hanya diikuti para pemimpin negara anggota organisasi regional tersebut, tetapi juga para kepala negara/pemerintahan dari negara mitra ASEAN.

Baca juga: Menparekraf targetkan 6.000 desa wisata terdaftar pada 2024

Baca juga: Pemkab Biak undang Menparekraf Sandiaga Uno hadiri pembukaan STC 2023


 

Pewarta: Luqman Hakim
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023