Sebelumnya Alun-alun Ciranjang adalah bekas Pasar Ciranjang yang terbakar...
Cianjur (ANTARA) - Masyarakat di wilayah timur Kabupaten Cianjur, Jawa Barat dapat menikmati objek wisata baru Alun-alun Ciranjang yang dibangun Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan anggaran Rp10,3 miliar, lengkap dengan fasilitas penunjang termasuk tempat promosi produk UMKM.

Bupati Cianjur Herman Suherman, di Cianjur, Selasa, mengatakan pengelolaan Alun-alun Ciranjang akan diserahkan Pemprov Jabar ke Pemkab Cianjur dan segera melakukan penataan pedagang kaki lima di sekitar lokasi, agar layak dikunjungi wisatawan lokal dan luar daerah.

"Sebelumnya Alun-alun Ciranjang adalah bekas Pasar Ciranjang yang terbakar beberapa waktu lalu, setelah disulap Pemprov Jabar menjadi alun-alun kebanggaan warga sekitar, nanti akan dibuat pusat promosi UMKM sesuai janji Gubernur Jabar Ridwan Kamil," katanya lagi.

Bupati Cianjur menjelaskan Gubernur Jabar juga berjanji setelah pembangunan alun-alun tuntas, baru penataan Pasar Ciranjang akan dilakukan guna meningkatkan perekonomian di wilayah timur Cianjur, sedangkan Pemkab Cianjur akan diberikan tugas mengelola pasar dan alun-alun.

"Untuk menunjang keberadaan Alun-alun Ciranjang, kami akan menambah sarana dan prasarana penunjang, sehingga pusat keramaian di Ciranjang dapat meningkatkan kebahagiaan dan perekonomian warga sekitar," katanya pula.

Alun-alun Ciranjang yang berdiri di bekas pasar seluas 5.000 meter persegi yang terbakar tahun 2019 menjadi ikon baru bagi warga sekitar yang langsung memadati lokasi setelah diresmikan (Selasa, 29/8/2023) dengan fasilitas tempat bermain untuk anak.

Sementara pedagang kaki lima yang biasa membuka usaha di lokasi Alun-alun Ciranjang berharap masih mendapatkan izin berjualan, meski pemerintah melakukan penataan karena sebagian besar mengaku sudah bertahun-tahun mencari nafkah di lokasi tersebut.

"Kami meminta pemerintah mengizinkan kami untuk tetap berjualan di lokasi meski nanti dilakukan penataan, selama ini kami mengandalkan hidup di lokasi yang sebelumnya pasar itu," kata salah seorang pedagang kali lima Usep Sukur.
Baca juga: Ridwan Kamil ajak wisatawan eksplorasi wisata air terjun di Jawa Barat
Baca juga: Kementerian PUPR ubah TPSA di Cianjur jadi tempat wisata

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023