Upaya ini kami lakukan dengan melaksanakan penyamaan persepsi pengelolaan dan pelaporan kerja sama PTS di lingkungan LLDIKTI Wilayah XI
Palangka Raya (ANTARA) - Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XI Kalimantan terus berupaya meningkatkan kualitas pelaporan kerja sama yang dilakukan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di wilayah regional Kalimantan.

"Upaya ini kami lakukan dengan melaksanakan penyamaan persepsi pengelolaan dan pelaporan kerja sama PTS di lingkungan LLDIKTI Wilayah XI," kata Kepala Bagian Umum LLDIKTI Wilayah XI Kalimantan Rinawati Agustini MH dalam acara secara daring dari Palangka Raya, Rabu, yang diikuti lebih dari 160 PTS.

Rinawati mengatakan pelaporan kerja sama sesuai dengan kewajiban perguruan tinggi, untuk dilaporkan aktivitas kerja samanya pada laman https://laporankerma.kemdikbud.go.id.

"Oleh karena itu perlu penyamaan persepsi tentang pengelolaan dan pelaporan kerja sama ini kami laksanakan, sehingga kerja sama di perguruan tinggi terlaksana dan terlaporkan dengan baik," katanya.

Pengelola Informasi Kerja Sama LLDIKTI Wilayah XI Iriani Mayasari mengatakan dari seluruh perguruan tinggi swasta di wilayah tersebut masih ada 54 PTS yang belum melaporkan kerja sama yang dibangun ke aplikasi.

Baca juga: LLDIKTI Wilayah XI-Puslapdik sosialisasikan regulasi baru KIP kuliah
Baca juga: LLDikti Kalimantan: Perguruan tinggi kreatif di Program Kampus Merdeka


"Bahkan ada beberapa PTS  yang belum memiliki akun pada aplikasi tersebut. Maka kami minta PTS segera melaksanakan kewajibannya, apalagi saat ini telah mendekati akhir tahun," katanya.

Syarif Firdaus yang juga merupakan pengelola informasi kerja sama menambahkan data kerja sama di akun Laporan Kerja sama merupakan salah satu indikator yang digunakan dalam menilai kinerja suatu perguruan tinggi atau yang lebih dikenal dengan istilah Klasterisasi Perguruan Tinggi.
.
PTS juga diimbau untuk terus meningkatkan kinerja kerja sama sesuai dengan yang diamanatkan dalam kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Pada kesempatan itu Syarif juga memaparkan tentang teknis pelaporan data ke akun Laporan Kerja sama serta sekaligus menjawab pertanyaan peserta terkait kendala yang dihadapi dalam pelaporan kerja sama di PTS wilayah Kalimantan.

Baca juga: Wilayah Kalimantan dapatkan kuota KIP Kuliah 1.758 mahasiswa
Baca juga: LLDikti XI fasilitasi peningkatan pengelolaan sarana perguruan tinggi
 

Pewarta: Rendhik Andika
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023