Taman Burung Gembira Loka Zoo (GLZoo) Yogyakarta dikerjakan pembangunannya sejak awal Oktober 2012 itu kini sudah tampak bentuknya. Struktur kandang dari besi sudah terpasang semua, tinggal pemasangan kaca, kawat strimin, atap sirap dan pengecatan,
Yogyakarta (ANTARA News) - Proyek pembangunan fisik Taman Burung Gembira Loka Zoo Yogyakarta kini sudah selesai 75 persen, dan tinggal pengerjaan akhir, kata Kabag Perencanaan kebun binatang tersebut Budi Yuwono.

"Taman Burung Gembira Loka Zoo (GLZoo) Yogyakarta dikerjakan pembangunannya sejak awal Oktober 2012 itu kini sudah tampak bentuknya. Struktur kandang dari besi sudah terpasang semua, tinggal pemasangan kaca, kawat strimin, atap sirap dan pengecatan," katanya di Yogyakarta, Sabtu.

Menurut dia taman burung tersebut dibangun di atas tanah seluas 4.500 meter persegi. Nantinya ada 43 kandang burung, rata-rata berukuran besar. Sehingga, tiap kandang tidak saja diisi satu atau dua ekor burung saja, melainkan muat atau menampung puluhan burung.

"Sedangkan dari bagian pertamanan GLZoo, sudah mulai menghijaukan kawasan proyek taman burung tersebut dengan jenis tanaman yang asri," katanya.

Budi memperkirakan pertengahan Mei tahun ini bangunan fisik taman burung sudah selesai, sehingga kandang-kandang sudah siap dimasuki burung koleksi GLZoo. "Selambatnya akhir Mei ini selesai, sehingga awal Juni sudah selesai," katanya.

Kabid Perawatan Satwa GLZoo Yogyakarta, Miftah Nur Khasan menyatakan setidaknya 70 persen dari jumlah burung-burung lokal yang dimiliki GLZoo Yogyakarta sudah siap mengisi taman burung tersebut. "Jadi, tinggal burung-burung eksotik seperti Penguin dan Flamingo, tengah diupayakan didatangkan dari luar negeri," katanya.

Gembira Loka Zoo (GLZoo) Yogyakarta menargetkan jumlah pengunjung bisa mencapai 1,6 juta orang selama 2013. Sedangkan tahun lalu saja jumlah pengunjung sudah mendekati 1,5 juta orang. (H008/Z002)

Pewarta: Heru Jarot
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013