Jakarta (ANTARA) - Bank DKI meraih dua penghargaan yang salah satunya untuk kategori kinerja keuangan terbaik (excellent financial performance) tahun 2022 pada "28th Infobank Award 2023".

"Infobank menganugerahkan dua kategori, yakni 'Excellent Financial Performance Bank in 2022' dan 'Excellent Financial Performance Bank in 5 Consecutive Years (2018-2022)'," kata Direktur Teknologi dan Operasional merangkap Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama Bank DKI
 Amirul Wicaksono dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Amirul menuturkan penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi atas capaian kinerja yang diraih Bank DKI sepanjang tahun 2022.

Dalam kesempatan tersebut, dia juga menyampaikan terima kasih serta apresiasi seluruh pemangku kepentingan atas kepercayaan yang diberikan kepada Bank DKI.

Penghargaan ini menjadi pencapaian atas berbagai upaya Bank DKI dalam melanjutkan beragam inisiatif melalui Program Transformasi 5.0 yang membuahkan solidnya kinerja perusahaan.

”Penghargaan ini kami dedikasikan kepada seluruh karyawan Bank DKI, nasabah serta pemangku kepentingan Bank DKI,” ujarnya.

Baca juga: Bank DKI dan Pemprov kolaborasi edukasi literasi keuangan pelaku UMKM

Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Arie Rinaldi dalam kesempatan terpisah mengatakan, Bank DKI terus memperkuat kolaborasi dengan berbagai mitra strategis serta inisiatif digitalisasi melalui inovasi produk dan layanan.

Diharapkan strategi ini mampu meningkatkan upaya meraih kinerja yang positif dan tumbuh secara berkelanjutan untuk adaptif mengembangkan berbagai solusi layanan perbankan digital.

"Aplikasi JakOne Mobile memudahkan transaksi sehari-hari masyarakat sehingga berdampak positif pada capaian kinerja perseroan," ujar Arie.

Dilansir dari laman resmi Infobank, dalam hal penilaian, Biro Riset Infobank (BRI) melakukan pemeringkatan (ranting) terhadap 106 bank umum kategori Kelompok Bank Modal Inti (KBMI) 1, 2, 3, dan 4 berdasarkan kinerja keuangan tahun 2021 dan 2022.

Selain itu penilaian kesehatan bank mengacu pada profil risiko, tata kelola perusahaan (Good Corporate Governance/GCG), rentabilitas dan permodalan.

Baca juga: Pemprov DKI gandeng Bank DKI permudah ASN beli kendaraan listrik

Bank DKI berhasil menutup tahun 2022 dengan mencatat laba bersih tertinggi sepanjang sejarah berdirinya perseroan sebesar Rp939,11 miliar atau tumbuh 29,11 persen.

Selain itu, total aset tumbuh menjadi sebesar Rp78,88 triliun yang didukung oleh pertumbuhan kredit sebesar 23,53 persen dan pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK) sebesar 12,82 persen pada Desember 2022.

Dari sisi Tingkat Kesehatan Bank (TKB) Bank DKI berada pada kategori 2 (Baik) selama dua tahun.

Selain itu, adanya capaian peningkatan peringkat investasi Bank DKI oleh PEFINDO dari sebelumnya “idAA- (Double A Minus)” sejak tahun 2018 menjadi “idAA (Double A)” dengan "outlook stabil".

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023