Padang (ANTARA News) - Sebanyak 21 orang perempuan yang tergabung dalam komunitas pekerja bersepeda Bike To Work tiba di Padang setelah berangkat dari Banda Aceh pada 5 April.

Mereka telah menempuh perjalanan 1.382 kilometer dalam rangkaian kegiatan bertajuk "Srikandi Inpirasi Negeri jilid III".

"Kegiatan Srikandi Inspirasi Negeri digelar untuk memperingati Hari Kartini dengan menelusuri rute Aceh-Padang yang mencerminkan napak tilas kepahlawanan perempuan Aceh dan Padang antara lain Cut Nyak Dien, Cut Malahayati, Cut Meutia dan Rasuna Said," kata Ketua Komunitas Bike To Work Toto Sugito.

Dikatakannya, perjalanan Srikandi Inspirasi negeri yang melewati 15 kabupaten dan kota pada tiga provinsi membawa misi selamatkan bumi, sejuta sepeda sejuta pohon untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi bagi planet bumi.

Selain itu, kegiatan kampanye bersepeda ini juga mengajak masyarakat untuk terus menanam dan memelihara pohon sebagai upaya melestarikan lingkungan hidup, kata dia.

Kendati ada sedikit insiden saat berada di Aceh, namun seluruh anggota dapat menyelesaikan rute yang telah disiapkan dengan selamat dan tepat waktu, kata dia.

Sementara, Menteri Lingkungan Hidup Bhaltasar Kambuaya mengatakan perjalanan "21 Srikandi Bike to Work" memberi inspirasi bagi negeri ini untuk memacu semangat perjuangan kaum wanita dalam mengukir prestasi diberbagai bidang.

Selain itu kegiatan ini merupakan upaya meningkatkan minat bersepeda dikalangan wanita yang bermanfaat dalam mengurangi polusi, kata dia.

Oleh sebab itu, Kementerian Lingkungan Hidup menyampaikan penghargaan dan apresiasi atas terselenggarannya kegiatan Srikandi Inspirasi Negeri.

Sebelumnya, pada 2011 kegiatan Srikandi Inspirasi Negeri digelar dengan mengambil rute dari kantor Kementerian Lingkungan Hidup menuju Jepara yang merupakan daerah kelahiran Kartini.

Lalu pada 2012 kegiatan ini mengambil rute Jepara-Bandung sebagai napak tilas perjuangan Kartini dan Dewi Sartika.

Pewarta: Ikhwan Wahyudi
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013