Asunction (ANTARA News) - Pengusaha multijutawan Horacio Cartes telah menang dalam pemilihan presiden Paraguay, sehingga membawa kembali Partai Colorado, yang lama berkuasa, ke kuasaan sejak partai itu kalah pada 2008, sesudah enam dasawarsa memerintah.

Badan tinggi pemilihan umum Paraguay, Mahkamah Tertinggi Keadilan Pemilihan Umum (TSJE), mengumumkan Cartes mengalahkan peserta lain, Efrain Alegre dari Partai Liberal --yang memerintah, dengan selisih 10 persen suara, setelah kertas suara dari 75 persen tempat pemungutan suara ditabulasikan.

Cartes mengumpulkan 45,93 persen suara, sementara Alegre meraih 36,84 persen, kata TSJE.

Setengah jam sebelum TSJE mengumumkan hasil resmi, Alegre mengakui kekalahan, dan mengatakan jajak pendapat di luar tempat pemungutan suara memberi dia perkiraan di belakang Cartes "dengan selisih lima sampai tujuh angka", demikian laporan Xinhua.

"Rakyat Paraguay telah berbicara," kata Alegre. Ia menambahkan ia menganggap proses pemilihan umum itu telah "pas".

Cartes akan mengambil alih jabatan presiden dari Presiden Federico Franco dari Partai Liberal, yang sebagai wakil presiden mengisi jabatan tersebut setelah mantan presiden dari sayap kiri Fernando Lugo didepak pada Juni 2012.


Penerjemah: Chaidar Abdullah

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013