... konektivitas kawasan ekonomi APEC untuk memperluas liberalisasi perdagangan..."
Jakarta (ANTARA News) - LSM Indonesia for Global Justice (IGJ) mengingatkan agar pemerintah tidak ceroboh dalam menyepakati agenda yang tertuang dalam forum kerja sama APEC yang digelar di Indonesia.

"Kami mendesak pemerintah Indonesia tidak ceroboh mendorong dan menyepakati agenda konektivitas APEC," kata Direktur Eksekutif IGJ, M Riza Damanik, Senin.

Menurut Damanik, agenda konektivitas APEC berpotensi hanya memperlancar produk impor ke Indonesia.
Ia berpendapat, pemerintah seharusnya dapat fokus melindungi keberlanjutan ekonomi nasional, dengan membatasi keterlibatan investasi asing.

Damanik juga menilai, pertemuan tingkat menteri APEC yang berlangsung pada 7-21 April 2013 berpotensi memperparah defisit perdagangan nasional negara Indonesia.

"Kerangka kerja konektivitas kawasan ekonomi APEC untuk memperluas liberalisasi perdagangan di kawasan Asia Pasifik," katanya.

Berdasarkan pengalaman agenda integrasi ekonomi ASEAN sebelumnya, ujar dia, justru mengakibatkan neraca perdagangan Indonesia cenderung defisit. Ia mengingatkan, pada awal 2013 sudah tercatat defisit hingga sebesar ratusan juta dolar Amerika Serikat.

(M040/T007)

Pewarta: Muhammad R Rahman
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013